PERKEMBANGAN LOW COST CARRIER DI AMERIKA, INGGRIS DAN ASIA

708

Model penerbangan LCC (low cost carrier) saat ini sedang berkembang pesat di dunia. Melalui penawaran layanan yang unik, hampir semua orang dapat terbang dengan nyaman ke berbagai destinasi, tanpa harus membayar biaya yang tinggi. Inilah beberapa wilayah di dunia beserta maskapainya yang merupakan perintis penerbangan low cost carrier :

Amerika
Revolusi penerbangan murah pertama kali dimulai di Amerika Serikat melalui maskapai Southwest yang berbasis di Dallas, Texas. Pada tahun 1973, Southwest Airlines membuktikan bahwa penerbangan LCC sangat menguntungkan. Hal ini pun diyakinkan oleh mantan pengacara CEO Southwest Airlines, Herb Kelleher, yang menyatakan bahwa penerbangan low cost carrier sangat layak diberlakukan. Di Amerika Serikat sendiri, Southwest Airlines menjadi maskapai penerbangan terbesar dan kedua dalam skala dunia. Namun sampai saat ini, Southwest Airlines belum memiliki rencana membuka rute internasional.

Inggris
Heathrow Airport di London adalah bandara tersibuk dan menjadi penghubung transportasi paling penting di dunia. Selama beberapa dekade, bandara ini dioperasikan oleh maskapai penerbangan mahal. Akhirnya pada tahun 70-an, Heathrow Airport ditantang oleh Freddie Laker yang membuka penerbangan LCC ke Amerika Serikat melalui pesawat Skytrain. Melihat perkembangan pesat penerbangan low cost carrier di Inggris membuat dua maskapai baru hadir pada tahun 90-an, Easyjet dan Ryanair. Kedua maskapai ini membuka kembali bandara Stansted yang sebelumnya diabaikan di London, dan membuat keduanya berkompetisi seperti membuka rute penerbangan yang sama. Sekarang keduanya menawarkan penerbangan dengan biaya yang murah ke sejumlah tujuan utama di Eropa.

Asia
Pertumbuhan penerbangan low cost carrier diawali dengan munculnya AirAsia yang membuat perkembangan maskapai di Asia Tenggara menjadi pesat sejak tahun 2000. Berbasis di Malaysia, AirAsia menjadi sarana angkutan utama karena membuat banyak orang yang sebelumnya menganggap bahwa pesawat terbang adalah sarana angkutan mewah, namun dapat terbang ke berbagai negara di Asia Tenggara dengan mudah dan praktis. Keberhasilan AirAsia membuat banyak maskapai LCC baru bermunculan, seperti Tiger Airways Singapura. Tidak hanya rute Asia Tenggara saja, maskapai ini pun kini telah membuka rute ke Eropa, melalui AirAsia X.

Baca juga:  Money Backgrounds hd wallpaper

Maskapai low cost carrier saat ini semakin banyak bermunculan untuk memenuhi tingginya minat penumpang yang ingin melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang. Dengan demikian, sekolah penerbangan  untuk menghasilkan tenaga pilot ahli pun akan selalu dibutuhkan. Tujuannya tak lain untuk membuat profesi ini menjadi salah satu profesi yang paling menjanjikan untuk saat ini dan masa depan. Jadi, bagi Anda yang ingin berkarir menjadi pilot handal dan profesional, sekarang saatnya menyiapkan diri dan mencari sekolah tinggi penerbangan di Indonesiayang memberikan pelatihan terbaik untuk Anda.

Sumber

Previous articleRAYMONDE DE LAROCHE, WANITA PERTAMA YANG MERAIH LISENSI PILOT
Next articleADISUCIPTO, SANG PAHLAWAN PENERBANGAN