Daftar Harga Motor Listrik Terbaru 2024, Ini yang Menerima Subsidi!

11
Daftar Harga Motor Listrik Terbaru 2024, Ini yang Menerima Subsidi!

Pamor sepeda motor listrik kian meningkat, salah satu penyebabnya adalah pemberian subsidi sebesar Rp7.000.000 dari pemerintah. Berkat subsidi tersebut harga motor listrik yang tadinya tidak terjangkau jadi lebih mudah dibeli oleh masyarakat umum.

Bukti bahwa subsidi motor listrik ini berlaku juga dapat dilihat dari platform Blibli. Ada banyak harga motor listrik mulai dari belasan hingga puluhan juta yang dapat dibeli dengan program subsidi. Seperti apa pilihan motor yang bisa dibeli dengan subsidi?

Daftar Harga Motor Listrik Terbaru 2024, Ini yang Menerima Subsidi!

Subsidi motor listrik diadakan sebagai bagian dari percepatan ekosistem kendaraan listrik. Penerapan subsidi motor listrik sendiri berlaku sejak turunnya Peraturan Menteri Perindustrian No. 21 Th 2013 mengenai Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua.

Syarat mendapatkan subsidi motor listrik juga diatur dalam peraturan tersebut yaitu satu NIK hanya bisa digunakan untuk membeli 1 unit saja. Artinya syarat yang utama adalah warga Indonesia yang sudah memiliki KTP.

Sebelum membeli menggunakan program subsidi, penting untuk mengetahui harga dari motor listrik terbaru dan mana saja yang masuk kategori penerima subsidi.

1Gesits G1

Motor listrik Gesits memiliki desain yang cukup modern dan bisa dibeli dengan harga Rp21.000.000-an. Motor ini sudah dilengkapi dengan baterai Li-Ncm 72 V yang bisa menempuh jarak 50-100 km. Waktu pengisian dayanya sekitar 3 jam hingga 100%. Kecepatan maksimalnya adalah 70 km/ jam yang cocok untuk aktivitas harian.

Motor ini juga termasuk bisa mendapatkan subsidi dari pemerintah. Apabila mendapatkan subsidi maka harga motor akan menjadi Rp14.000.000-an.

2Volta 401

Motor yang juga memiliki tampilan layaknya motor matic berbahan bakar bensin dijual dengan harga Rp9.000.000-an saja. Baterai yang digunakan adalah 60v23ah SGB lifepo battery. Tingkat kecepatannya lebih rendah yaitu 60 km/ jamnya. Kelebihannya adalah bisa mengangkut beban hingga 200 kg.

Baca juga:  Cuaca Buruk Batalkan 5 Penerbangan Bandara Abdur Rachman Saleh

Volta 401 menjadi salah satu motor yang bisa dibeli dengan bantuan dari pemerintah. Saat membelinya secara online e-KTP harus sesuai dengan data pemesan dan STNK.

3Smoot Tempur

Motor listrik yang bisa dibeli dengan harga Rp11.500.000 ini belum termasuk dari subsidi pemerintah. Keunggulan dari Smoot Tempur adalah mirip dengan motor matic klasik. Kecepatannya lumayan tinggi yaitu 60 km/ jam yang sudah dibekali dengan baterai Lithium kapasitas 64V 22.5Ah.

Meskipun desainnya klasik namun motor ini cukup tangguh dan memiliki kontrol langsung dari SWAP apps yang memudahkan pengguna mengetahui lokasi motor.

4Viar Q1

Satu-satunya motor listrik dari Viar yang mendapatkan subsidi adalah untuk seri Q1. Harga aslinya adalah Rp14.500.000-an dan Viar bukanlah merk kendaraan pendatang baru. Sebelumnya Viar telah sukses memproduksi motor roda tiga dan kini mengembangkan bisnis ke motor listrik.

Viar Q1 memiliki baterai lithium-ion 60 volt yang berkapasitas 23Ah. Kemampuannya bisa menempuh jarak 60 km/ jam dengan pengisian daya 4-5 jam. Desainnya pun cukup modern mengikuti perkembangan zaman.

Kehadiran motor listrik tentunya membawa pencerahan dalam dunia otomotif dan lingkungan. Masyarakat diharapkan untuk bisa beralih dari motor bbm ke motor listrik demi terjaganya keberlangsungan lingkungan di bumi. Mengingat pembeliannya pun mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Seperti pembelian motor listrik subsidi di Blibli yang tersedia untuk berbagai merk motor yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. 

Previous articleSENSA HOTEL BANDUNG: Where Dreams Come True!
Next articleMengukir Momen Bulan Suci Ramadan 2024 di éL Hotel Bandung
Tim Airport.id
Kami hadirkan beragam informasi dunia penerbangan dan pariwisata