Bioskop di bandara adalah fasilitas impian para pelancong

45
Bandara-bandara internasional tengah giat meningkatkan standar layanan mereka dengan fasilitas-fasilitas baru untuk memenuhi kebutuhan para pelancong internasional. Jajak pendapat global terbaru yang dilakukan situs pencarian perjalanan terkemuka dunia, Skyscanner pada 10 000 pelancong mengungkapkan fitur impian yang paling diinginkan di sebuah bandara adalah gedung bioskop, dengan persentasi suara sebesar 49% untuk fasilitas ini.

Berada di tempat kedua dalam daftar tersebut adalah fasilitas untuk tidur (sleep pod). Fitur baru ini diperkenalkan bulan lalu di Bandara Internasional Abu Dhabi dan meraup lebih dari sepertiga suara para responden sebagai fitur ideal yang harus dimiliki bandara. Dengan membayar tidak lebih dari Rp 150.000, fasilitas sleep pod memberi satu alternatif pilihan dengan harga yang terjangkau untuk menginap sementara dibandingkan kamar hotel yang mahal dan tentu saja lebih nyaman dibandingkan tidur di kursi ruang tunggu bandara!

Menduduki tempat ketiga adalah sebuah perpustakaan yang memungkinkan para pelancong untuk meminjam buku yang bisa mereka baca selama mereka berlibur. Ini juga menunjukkan masih populernya buku tradisional ditengah maraknya buku elektronik.

Terminal 3 yang baru di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, juga dikenal sebagai terminal hijau, saat ini tengah mengembangkan fasilitas yang dekat dengan alam termasuk taman luar ruangan dalam rencana mereka. Hal ini akan menyenangkan para pelancong karena menurut hasil jajak pendapat, taman di luar ruang termasuk fasilitas yang paling didambakan, taman menduduki tempat ke-4 dan pantai buatan berada di posisi ke-9.

Indonesia saat ini sedang merencanakan peremajaan sejumlah bandara dengan penambahan fasilitas-fasilitas baru guna melayani pertumbuhan pengguna jasa perjalanan. Monorel bandara, tempat untuk istirahat dan lingkungan yang lebih hijau adalah beberapa fitur yang sedang disiapkan dalam beberapa tahun ke depan.

Hasil survei juga memperlihatkan berbagai fasilitas lain yang dinginkan pelancong, seperti Karaoke dengan 5% pelancong yang ingin merasakan ‘ketenaran sesaat’ di bandara, sementara fasilitas kebugaran termasuk yang populer dengan 15% responden memilihnya.

10 Fasilitas yang paling diidamkan

Ranking Fitur Persentase

1

Gedung bioskop

49%

2

Kursi tidur

36%

3

Perpustakaan

32%

4

Taman di alam terbuka

31%

5

Ruang Rias

30%

6

Tempat bermain anak

21%

7

Kolam renang

20%

8

Gym

15%

9

Pantai buatan

12%

10

Sepeda

11%

 

Sementara responden laki-laki dan perempuan sama-sama memilih bioskop bandara, namun ada perbedaan besar untuk fitur yang paling diinginkan perempuan. Sebanyak 45% responden perempuan menginginkan ruang rias yang menawarkan produk kosmetik dan produk untuk penataan rambut gratis (dibandingkan dengan 14% responden laki-laki yang menginginkannya) sementara itu 12% responden perempuan menginginkan asisten belanja pribadi atau personal shopper (dibandingkan dengan 8% responden pria yang menginginkannya).

Di lain pihak, para pria mencari lebih banyak hiburan yang aktif di bandara dengan fasilitas kolam renang di posisi ke-5 yang paling diinginkan sementara 14% memilih untuk bisa bersepeda di kompleks bandara (dibandingkan dengan 9% responden wanita) serta 8% pemilih pria menginginkan kawasan untuk mempraktekkan pukulan golf mereka (dibandingkan dengan 3% responden wanita).

Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner untuk Indonesia Tika Larasati mengatakan, “Berdasarkan survei terbaru kami, fasilitas hiburan di Bandara merupakan fitur yang paling banyak diimpikan oleh kebanyakan pelancong. Seperti kita ketahui, transit yang lama di bandara dan penerbangan yang tertunda bisa sangat melelahkan, terutama ketika Anda terdampar di sebuah bandara dengan sedikit atau tak ada aktifitas yang bisa dilakukan. Wisatawan saat ini mengharapkan lebih dari hanya koneksi Wi-Fi gratis atau toko bebas bea yang bagus, dan adalah wajib bagi Bandara Internasional untuk selalu meng-upgrade fasilitas mereka guna memenuhi permintaan itu.”