Pedoman Tepat dalam Membangun Toko Online

1050
Pedoman Tepat dalam Membangun Toko Online
Sumber: Shutterstock

Di masa sekarang ini, hampir semua orang memiliki akses terhadap internet tanpa batas. Dengan penetrasi internet yang semakin pesat ini, setiap orang pun jadi lebih mampu melakukan banyak hal seperti berjualan dan berbelanja online.

Istilah ini sering disebut dengan E-Commerce atau toko online (online shop) yang menjamur dan mampu meringkas banyak waktu dibandingkan dengan cara berbelanja konvensional. Dengan adanya pembelian secara online ini juga menambah deretan aplikasi pembayaran (transaksi) yang juga mudah.

Saat ini, siapa pun memiliki kemampuan untuk membuat dan meluncurkan situs web toko online mereka sendiri karena banyaknya platform pembuatan website yang tersedia. Sebuah situs web toko online adalah bagian dari strategi bisnis yang dapat kamu coba untuk mengembangkan usaha dan menarik lebih banyak pembeli dari skala kecil hingga skala besar.

Dilansir dari website Indonesia E-commerce Association (idEA) atau Asosiasi E-commerce Indonesia, Indonesia merupakan pasar dengan pertumbuhan e-commerce yang menarik dari tahun ke tahun. Sejak tahun 2014, Euromonitor mencatat, penjualan online di Indonesia sudah mencapai US$ 1,1 miliar.

Data sensus Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyebut, industri e-commerce Indonesia dalam 10 tahun terakhir meningkat hingga 17% dengan total jumlah usaha e-commerce mencapai 26,2 juta unit.

Pada tahun 2018, e-commerce di Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan sangat pesat dan diperkirakan akan terus meningkat seiring berkembangnya jumlah pengusaha dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air.

Di samping data tersebut, potensi besar industri e-commerce di Indonesia juga dipengaruhi oleh gaya belanja online, terutama oleh generasi millenial. Menurut Indonesia Millenial Report 2019, millenial sangat suka mencari perbandingan harga, fitur, program promo dan kualitas produk di beberapa e-commerce sebelum memutuskan membeli sebuah barang. Para millenial juga tidak segan untuk merekomendasikan e-commerce atau toko online favorit mereka kepada teman-teman mereka.

Membuat website toko online milikmu sendiri tidaklah terlalu sulit. Berkat adanya platform siap pakai yang gratis dan berbayar hingga adanya content management system (CMS) yang dapat membuat toko online lebih cepat dan praktis. Belum lagi, kamu juga dapat mencoba template dan tema yang beragam serta dapat dikostumisasi menyesuaikan kebutuhanmu.

Selain itu pengoperasiannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunduh konten produk dan layanan milikmu serta mengaturnya berdasarkan kategori. Kelebihan mempunyai situs web toko online adalah kamu bisa mengatur dan mendesain toko online milikmu dengan leluasa.

2 Unsur Terpenting dalam Pembuatan Toko Online

Sebelum membahas tips dan trik cara membuat website toko online, kamu perlu memperhatikan dua unsur dasar terpeting dalam pembuatan toko online antara lain:

  • Domain: Domain merupakan sebuah alamat website toko online milikmu nantinya yang akan muncul di pencarian internet. Sebaiknya pilih domain yang unik, singkat, padat dan tepat sasaran karena domain juga akan menjadi branding milikmu.
  • Hosting: Bersamaan dengan domain selalu ada hosting yang berupa wadah untuk menampung juga menyimpan semua file, data dan informasi website toko online milikmu secara online.

Tahapan dalam Pembuatan Toko Online yang Baik dan Benar

Dalam membangun toko online yang baik dan benar, berikut ini adalah tahapan-tahapannya:

  1. Rancang Toko Online Milikmu Secara Profesional

Jika ingin toko online milikmu aktif, kamu harus berfokus pada kualitas sejak awal. Kamu perlu membangun toko yang terlihat profesional, menarik target pelanggan, dan memiliki panggilan yang tepat untuk bertindak untuk membantu mereka mengonversi ketika mereka mengunjungi website toko online milikmu.

Perhatikan juga antara desain dan fungsionalitas ketika membangun toko online milikmu. Perlu diingat, desain situs web yang menarik pasti dapat mendorong penjualan online. Hanya saja desain yang kamu pilih sebaiknya tidak berlebihan.

Pembeli online akan memutuskan apakah mereka percaya dan ingin membeli dari website toko online milikmu dalam waktu sekitar tiga hingga lima detik saja. Itu berarti kamu harus memiliki situs web yang sederhana, dapat dipercaya dan mudah digunakan (navigasi).

  1. Buat Niche Atau Tema Penjualan

Sebagai informasi, niche adalah garis panduan atau inti tema layanan produk atau jasa yang akan kamu pilih dan kemudian jual. Banyak dari kita yang sering melupakan guideline ini dalam menjual barang secara online dengan memasukkan semua jenis produk tanpa ada niche yang jelas.

Perlu kamu tahu, adanya niche akan mempengaruhi banyak hal termasuk :

  • Angka penjualan.
  • Berapa banyak usaha yang harus kamu lakukan untuk memberikan dukungan kepada pelanggan.
  • Apakah kamu akan memiliki pelanggan yang tetap atau tidak.

Inilah pentingnya untuk meluangkan waktu untuk memikirkan cara pemasaran yang strategis. Niche sendiri dapat dipecah menjadi beberapa bagian yaitu :

  • Harga: Kamu harus memperhatikan pesaing dalam memasarkan harga produk atau jasa mereka untuk mendapatkan titik tengah harga penjualan milikmu sendiri.
  • Audiens (pembeli): Jika kamu akan menjual produk atau layanan jasa yang sama dengan banyak pesaing, maka tentu saja pembeli akan lebih memilih merek yang lebih mereka kenal daripada merek pendatang baru.
  • Peluang pasar: Pembeli cenderung melihat dan tertarik pada penawaran tetapi ketertarikan mereka akan segera beralih begitu penawaran berakhir, hendaknya selalu mencari cara dalam tetap mendapatkan perhatian pembeli dengan berbagai promosi.
  1. Uji Website Toko Online Dengan Teliti Sebelum Diluncurkan

Ketika toko online yang kamu buat sudah siap diluncurkan, sebelumnya pastikan bahwa semua fitur di website milikmu sudah berjalan dengan baik. Mulai dari fitur shopping chart sampai dengan fitur testimonial pelanggan. Setiap toko online yang sukses menjual produk mereka, adalah yang memberikan kemudahan kepada pengunjungnya.

Jika kamu menggunakan jasa developer, usahakan untuk memeriksa serta mengoreksi setiap hasil dari mereka dan sesuaikan dengan kebutuhan website toko online milikmu. Selebihnya bisa ditambahkan sendiri setelah kamu tahu ingin menambahkan fitur apalagi di dalam website toko online milikmu sendiri.

  1. Lengkapi Dengan Media Sosial

Selain menggunakan website toko online untuk berjualan online, kamu juga bisa melengkapinya dengan media sosial. Karena memang tidak mudah membangun toko online dari nol seperti website toko online. Ini akan jauh lebih mudah ketika kamu mendekati pelanggan dengan media yang dekat dengan mereka, seperti media sosial.

Media sosial sangatlah dekat dengan masyarakat kita saat ini. Hampir tidak satupun kita tidak menemui akun bisnis atau toko online yang menggunakan media sosial untuk berjualan dan membeli barang secara online. Kebiasaan masyarakat yang menjual dan membeli barang secara online melalui media sosial tidak bisa dihilangkan, tapi kamu yang harus melengkapinya dengan website.

  1. Cantumkan Media Sosial Toko Online Milikmu di Website

Setelah menggunakan media sosial sebagai pelengkap, kamu juga bisa mencantumkan link atau elemen media sosial di website toko online milikmu. Seperti icon facebook, Twitter dan akun media sosial dari toko online milikmu.

Hal ini berguna untuk memperkenalkan media sosial toko online milikmu kepada orang yang mengunjungi website. Mereka harus tahu dimana saja kita bisa ditemui dan dengan cara apa saja mereka bisa membeli produk-produk dari toko online milikmu.

  1. Tentukan Metode Pembayaran

Kemudahan pembayaran adalah salah satu faktor yang banyak dicari pleh pembeli mengingat banyaknya aplikasi pembayaran online yang tersedia saat ini. Biasanya platform E-commerce atau toko online akan merekomendasikan metode dan cara pembayaran yang sesuai dengan sistem mereka.

Kamu juga dapat menjalin kerja sama dengan banyak aplikasi besar yang mempunyai ragam pembayaran mulai dari fitur satu-klik, opsi dompet digital dan lainnya. Setelah kamu memiliki daftar opsi, harus benar- benar memahami opsi cara kerja pembayaran yang dipilih tersebu. Karena hal itu akan mempengaruhi penjualan kamu secara keseluruhan.

  1. Terapkan Fitur Mobile

Tahapan selanjutnya yang bisa dilakukan agar toko online milikmu dikunjungi oleh banyak pelanggan adalah dengan menyediakan kemudahan yang dekat dengan mereka. Salah satunya yaitu memudahkan calon pembeli mengunjungi dan berbelanja di website toko online milikmu melalui perangkat mobile.

Sebagai informasi, Belanja seluler menyumbang 30% dari pembelian online tahun lalu. Angka ini hanya meningkat dan Business Insider memperkirakan bahwa pada tahun 2020 belanja melalui mobile atau smartphone akan mencapai 45% dari semua cara belanja E-commerce.

Dengan meningkatnya penggunaan telepon untuk belanja online, pemilik toko online harus memastikan bahwa desain situsnya ramah-seluler untuk memastikan pembeli dapat melakukan pembelian, apapun perangkat yang mereka gunakan.

Pemilik toko online yang mengerti teknologi dapat memeriksa persyaratan sistem operasi, untuk memastikan bahwa situs mereka responsif. Pemilik toko online juga dapat menggunakan template desain toko online yang sudah diatur agar responsif seluler untuk membuat website toko online miliknya ramah perangkat.

Nah, kali ini kamu harus tahu apa yang dibutuhkan oleh pelanggan selain website yang responsif dan memiliki fitur lengkap, tapi juga yang mudah untuk diakses oleh pengunjung. Pastikan bahwa website toko online milikmu bisa diakses dan memiliki tampilan versi mobile sendiri. Kamu bisa melakukan request kepada developer yang membangun toko online milikmu

  1. Buat Website Toko Online Milikmu Ramah SEO

Pada dasarnya, toko online milikmu harus menerima lalu lintas agar pembelian dapat terjadi. Kunci untuk menghasilkan lalu lintas tersebut adalah Optimisasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization). Dengan memasukkan kata kunci SEO ke dalam judul dan deskripsi produk yang dijual, website toko online milikmu lebih cenderung mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari. Peningkatan visibilitas adalah unsur utama untuk kunjungan situs yang lebih besar dan lebih banyak konversi.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat website toko online milikmu menjadi ramah SEO:

  • Gunakan alat SEO untuk menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian bulanan cukup tinggi dan kesulitan kata kunci yang cukup rendah untuk peringkat website toko online milikmu.
  • Ketikkan kata kunci SEO yang kamu pertimbangkan untuk ditambahkan ke halaman produk yang dijual. Hal ini untuk melihat hasil pencarian dari website toko online milikmu akan bersaing. Jika hasilnya adalah situs utama, pertimbangkan mengubah istilah dari toko online milikmu menjadi sesuatu yang kurang kompetitif.

Pada dasarnya, dengan membuat toko online akan memberi otonomi penuh atas pengalaman pembelian terhadap para pelanggannya. Alih-alih mengikuti kebijakan pasar, kamu dapat membuat toko online sendiri dengan ketentuan tertentu yang dapat membentuk interaksi produk bagi para pembeli mereka.

Previous article5 Fakta Menarik Saat Penerbangan Pecah Rekor di Bandara PT Angkasa Pura II
Next articleMajalah AGRINA, Inspirasi dan Peluang Agribisnis Indonesia