Berlibur ke Eropa? Ini 7 Tips Hindari Kejahatan

73

Pencinta traveling, Anda harus mempersiapkan diri dari berbagai tindak kejahatan yang tidak bisa diprediksi. Terutama saat Anda melakukan kunjungan ke negeri orang.

Termasuk pula, saat berlibur ke Eropa. Sebab belakangan, banyak laporan kepolisian mengungkap maraknya tindak penipuan terhadap wisatawan yang berlibur.

Hal ini disebabkan karena wisatawan tidak begitu paham dengan situasi lokasi setempat. Akibatnya mereka mudah jadi korban penipuan yang akhirnya merugikan.

Meskipun tujuan Anda ke Eropa untuk berlibur dan bersenang-senang bukan berarti Anda terlena begitu saja dan tidak memperhatikan keselamatan Anda.

Sebaiknya Anda tetap berhati-hati dan jangan percaya begitu saja kepada orang asing di lingkungan baru.

Berikut beberapa trik untuk menghindari tindak penipuan saat di Eropa menurut Escapehere.

1Lakukan kesepakatan

Bila ingin berlibur, pastikan Anda mengetahui segala sesuatu tentang apa saja yang akan Anda lakukan di sana. Biasanya ada paket tur wisata yang menawarkan fasilitas petunjuk yang membantu Anda saat di Eropa.

Lakukan kesepakatan dengan tur travel yang dapat dipercaya demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Selain itu jika Anda pergi tanpa bantuan pemandu tur perjalanan, Anda harus benar-benar tahu kondisi negara di Eropa yang menjadi tujuan Anda.

Luangkan waktu melakukan penelitian sendiri dan pastikan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum menjadi korban penipuan.

2Cari tahu nilai mata uang

Bepergian jauh pasti membutuhkan banyak uang. Untuk itu, penting mengetahui jenis dan nilai mata uang tempat negara yang dituju.

Bahkan jika perlu Anda harus melakukan sedikit riset sebelum berangkat ke Eropa. Banyak kota juga menawarkan penukaran mata uang dari beberapa negara berkembang.

Anda jangan sampai terkecoh dengan nilai mata uang. Pastikan Anda menukarkan di tempat yang sudah dipercaya.

Bekali diri dengan pengetahuan tentang nilai tukar mata uang. Sebaiknya lakukan penukaran resmi yang ada di bandara.

3Lakukan riset

Sebelum Anda memutuskan untuk pergi berlibur ada baiknya lakukan sedikit riset dengan mencari tahu tingkat kejahatan penipuan yang terjadi. Biasanya para pelaku kejahatan memiliki trik yang berbeda sehingga mengecoh para wisatawan.

Salah satu trik penipuan klasik yang terjadi di Eropa adalah berpura-pura menjatuhkan cincin di depan wisatawan. Kemudian mereka mengatakan bahwa cincin itu emas asli dan merayu Anda untuk membelinya.

4Tanyakan keadaan sekitar

Ketika Anda tiba di lingkungan yang baru mintalah kepada staf lokal atau sesama pelancong untuk menjelaskan kepada Anda mengenai kondisi keadaan sekitar. Apakah daerah itu aman dan apa saja yang harus diperhatikan demi menghindari penipuan.

5Gunakan kartu kredit Anda

Ini adalah salah satu cara menghindari penipuan klasik. Kebanyakan kartu menawarkan semacam perlindungan untuk menghindari penipuan. Tapi pastikan Anda mengetahui ketentuan kartu secara spesifik.

6Jangan menyerah mencari informasi

Jangan sampai membiarkan diri Anda lengah di tempat asing. Tetap cari tahu tentang apapun itu. Tidak butuh waktu lama untuk melakukan pemeriksaan latar belakang pada perusahaan yang akan berurusan dengan Anda saat di Eropa

Waspada terhadap orang yang menawarkan kesepakatan tetapi tidak memiliki informasi nyata untuk mendukung mereka. Kemungkinan mereka ingin menipu.

7Gunakan akal sehat

Jika Anda sedang bersantai di salah satu tempat yang indah di Eropa atau menikmati beberapa keindahan lainnya jangan sampai seseorang membuat Anda lengah.

Namun di sisi lain, tidak baik terus-menerus khawatir terhadap segala sesuatunya karena Anda seharusnya bersenang-senang. Yang terpenting bagi Anda adalah mengingat dan menggunakan akal sehat dan percaya pada insting.