Desa Wae Rebo, Negeri Diatas Awan di NTT

868
Wae Rebo, Kampung di Atas Awan

Secara geografis Desa Wae Rebo terletak diketinggian 1.200 mdpl layaknya sebuah surga yang berada di atas awan. Perlu perjuangan untuk bisa mencapainya. Namun apa yang didapat ketika sampai ke lokasi sebanding dengan perjalanan yang dilalui. Pemandangan alam berupa gunung-gunung berpadu dengan tujuh rumah adat atau mbaru niang berbentuk kerucut akan memberi kesan tersendiri bagi setiap pengunjung yang pernah datang ke Desa Wae Rebo.

Desa Wae Rebo berada di barat daya Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Untuk bisa sampai ke lokasi memang tidak mudah karena letaknya di atas gunung. Perlu tenaga ekstra untuk bisa ke desa tersebut dengan berjalan kaki selama kurang lebih 3-4 jam. Anda juga akan diuji dengan jalur mendaki sejauh 7 kilometer ke desa adat satu-satunya di Manggarai, NTT, itu.

Untuk menuju desa ini, pengunjung harus berkendara selama delapan jam dari Labuan Bajo dan mendaki gunung sejauh 4 kilometer menembus hutan alam. Revitalisasi mbaru niang membuahkan penghargaan UNESCO pada 2012. Sejak itu, Wae Rebo masuk dalam peta wisata dunia. Warga disini pun merasakan betul manfaatnya.

Dahulu, warga Wae Rebo hidup terbelakang. Mereka hanya makan apa yang mereka dapatkan dari kebun dan hutan. Kini kemampuan ekonomi mereka bertambah dari Rp 600.000 menjadi Rp 3 juta setahun. Sejumlah anak muda kini fasih berbahasa asing dan banyak yang menimba ilmu di perguruan tinggi. Wae Rebo memang indah dan menakjubkan, diselimuti oleh kabut tipis di seluruh perkampungan membuat Wae Rebo pantas mendapatkan julukan ‘kampung diatas awan’.

Baca juga:  Perbaiki Layanan, Lion Air Group Kerjasama dengan Lufthansa Technik
Previous articleAir Asia X Resmi Buka Rute Baru Bali Tujuan Tokyo
Next articleMau Traveling Lokal Rasa Internasional? Intip 6 Destinasi Ini!