Akses Jalan Masuk Bandara Ahmad Yani Dibuka

372

General Manager PT Angkasa Pura I, Priyo Jatmiko menegaskan, akses jalan masuk dari Rumah Makan Kampung Laut menuju Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang kini sudah dibuka Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, baru-baru ini. Di bagian ujung akses jalan masuk itu berdekatan dengan lokasi pembangunan fisik pengembangan bandara oleh Angkasa Pura.

Menurut Priyo, pembangunan fisik ini masih menunggu penandatanganan nota kesepakatan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). “Pemkot sudah membuka akses jalan masuk ke bandara dari Kampung Laut. Angkasa Pura akan merealisasikan pembangunan fisik begitu nota kesepakatan ditandatangani,” tandasnya.

Pihaknya menegaskan, Angkasa Pura kini telah menyiapkan dana sebesar Rp 1,1 triliun untuk pembangunan dan pengembangan bandara. Karenanya, begitu nota kesepakatan ditandatangani, pembangunan fisik bisa langsung dijalankan. Pengembangan bandara mendesak dilakukan seiring dengan pertumbuhan jumlah penumpang masuk dan keluar bandara.

“Dibandingkan dua tahun lalu saat saya bertugas di sini (Angkasa Pura-Red), jumlah penumpang naik dua kali lipat. Jika tidak dikembangkan akan berpengaruh bagi kenyamanan penumpang,” jelasnya.

Berdasarkan data Angkasa Pura I, jumlah pemberangkatan penerbangan dari Bandara Ahmad Yani antara 40-45 per hari. Adapun, penumpang masuk ke bandara bervariasi, antara 5.000 hingga 6.500 orang.

Sebagaimana diketahui, kepastian pembangunan bandara ini masih menunggu disahkannya surat perjanjian kerja sama antara PT Angkasa pura dengan TNI AD oleh Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, Kementerian BUMN, dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Kini, prosesnya masih berhenti di Kemenkeu.

Sebelumnya, Gubernur Ganjar Pranowo berharap pembangunan bandara bisa segera direalisasikan. Mantan Wakil Ketua Komisi II ini telah bertemu Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Menteri Keuangan Chatib Basri untuk mewujudkan percepatan pembangunan.

( Royce Wijaya / CN31 / SMNetwork )

Baca juga:  Menjelang Idul Fitri, Pemerintah Perbaiki Kapasitas Bandara, Pelabuhan dan Jalan Tol

Sumber: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_smg/2014/01/01/185499/Akses-Jalan-Masuk-Bandara-Ahmad-Yani-Dibuka

Previous articleJalan Bandara Amblas Sedalam 20 Meter
Next articleParkir Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Kembali ke Sistem Manual