Airbus A330neo Uji Terbang Pesawat Terbarunya di Perancis

235
Airbus A320neo

Airbus A330neo uji terbang pesawat terbarunya di Perancis, penerbangan perdana pesawat generasi terbaru ini baru terlaksana setelah sebelumnya mengalami penundaan.

Airbus A330neo tinggal landas dari fasilitas perakitan pesawat Airbus di Toulouse pada sekitar pukul 9:57 pagi. Pesawat yang terbang perdana ini ditenagai oleh mesin Rolls Royce Trent 7000. A330neo kemudian menyelesaikan penerbangan selama tiga jam untuk melakukan serangkaian pengujian.

Adapun awak pesawat yang bertugas di kokpit untuk uji penerbangan tersebut terdiri dari Pilot Uji Eksperimental Thierry Bourges dan Thomas Wilhelm, serta Insinyur Uji Terbang Alain Pourchet. Seluruh sistem dan performa pesawat dipantau secara “real time” di dalam pos Flight Test Engineer (FTE), yang terdiri dari Jean-Philippe Cottet, Emiliano Requena Esteban dan Gert Wunderlich.

Fabrice Brégier, Airbus COO dan Presiden dari Airbus Commercial Aircraft mengatakan “Penerbangan perdana A330neo hari ini menandakan tonggak sejarah dalam perjalan inovasi berkelanjutan Airbus.”

“Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh tim yang telah berkontribusi mewujudkan penerbangan hari ini dan kepada seluruh pelanggan kami yang telah memilih pesawat paling efisien dan cakap untuk memberikan mereka keunggulan di pasar. Kami menantikan kesuksesan dari rangkaian uji terbang A330neo dan dimulainya penerbangan komersil pesawat ini di tahun 2018,” tambahnya.

Ia juga mengatakan telah menambahkan maximum takeoff weight (MTOW) sebanyak 4 persen di A330neo menjadi 251 ton sehingga memungkinkan pesawat terbang jarak jauh, setara Kuala Lumpur – London secara nonstop.

Hingga pertengahan 2017, Airbus mengatakan telah mendapatkan 212 pesanan untuk A330neo dari maskapai Delta Airlines, Hawaiian Airlines, AirAsia, dan Tap Portugal. Maskapai Garuda Indonesia juga dikabarkan sudah melakukan sejumlah pesanan A330ceo (current engine option) menjadi A330neo.

Baca juga:  Gadget Ternyata Bisa Melemahkan Otak Manusia
Previous articleLuncurkan e-Money, Citilink Rangkul Bank Mandiri
Next articleWalaupun Penerbangan Delay Penumpang Ini Bernyanyi di Bandara