Pembangunan 8 Bandara Masuk Proyek Strategis Pemerintah

320
ilustrasi

Pemerintah menetapkan delapan proyek pembangunan dan revitalisasi bandara masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) sektor perhubungan pada tahun anggaran 2018. Penetapan kedelapan proyek bandara sebagai PSN itu berdasarkan terbitnya Perpres 58 Tahun 2017.

“Targetnya adalah merealisasikan kemandirian ekonomi melalui pengembangan daerah-daerah yang memiliki potensi ekonomi, dalam hal ini kami membangun bandara-bandara udara yang diprediksikan sebagai pemacu ekonomi,” kata Direktur Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso.

Adapun yang termasuk pembangunan bandara baru meliputi Bandar Udara Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka, Bandara Kulon Progo di Yogyakarta, serta Bandara Sebatik di Kalimantan Utara.

Selanjutnya ada Bandara Kulonprogo yang terletak di Yogyakarta. Untuk bandara ini, saat ini sedang dalam tahap pembangunan fisiknya. Yang ketiga ada bandara Ahmad Yani di Semarang. Untuk bandara ini merupakan revitalisasi dari bandara yang sudah ada.

“Ada Kulon Progo Januari tahun ini groundbreaking  dimulai sekarang sedang pengerjaan bangunan fisiknya. Kemudian Ahmad Yani Semarang. Kalau ini revitalisasi untuk membangun terminal yang sebelah selatan itu kan sudah desak-desakan. Sekarang dibangun sebelah utara ,” jelasnya.

Tak hanya di pulau Jawa, di luar pun ada beberapa bandara baru dan revitalisasi yang akan dibangun. Seperti Bandara Sultan Babullah di Ternate. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan pengembangan delapan bandara yang masuk dalam proyek strategis nasional tuntas pada 2019.

Agus mengatakan delapan bandara yang ditetapkan sebagai proyek strategis nasional (PSN) itu bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi daerah.

“Oleh karena itu, kami pacu terus pembangunan bandara-bandara yang termasuk PSN ini, di mana sebenarnya sebagian besar bandara-bandara tersebut sudah beroperasi,” katanya.

Baca juga:  Pesawat N219 Buatan PT DI Dipesan 75 Unit
Previous articleLion Air Buka Rute Penerbangan Umrah Dengan Boeing Terbarunya
Next articleGaruda Indonesia Raih Penghargaan Di Brand ASIA 2017