Langkah Mudah Menghemat BBM Saat Berkendara

131

Terlepas dari adanya gerakan hemat energi tersebut, memang sudah sewajarnya jika kita menghemat BBM. Sebagai sumber energi yang keberadaannya terbatas, BBM perlu dihemat sebijak mungkin. Bagi para pengguna kendaraan, berikut beberapa tips untuk menghemat BBM kendaraan Anda:

1. Memanaskan mesin

Menjalankan mobil tanpa memanaskan sama sekali sama saja memboroskan BBM karena pembakaran belum ideal. Sebaliknya, memanaskan mesin terlalu lama juga berarti membuang BBM dengan sia-sia. Mobil-mobil modern sebenarnya hanya membutuhkan 1-3 menit “pemanasan” sebelum dijalankan.

2. Menjaga putaran mesin

Putaran mesin yang terlalu tinggi memboroskan BBM. Namun putaran yang terlalu rendah juga sama saja. Idealnya, saat berjalan normal selalu tempatkan putaran mesin pada posisi antara 2000-3500 rpm. Di kondisi inilah terjadi paduan konsumsi BBM dan tenaga yang optimal.

3. Engine breaking

Di pasaran kini, sebagian besar mobil menggunakan sistem injeksi elektronik. Sehingga penghematan BBM dengan engine breaking ini paling tepat dilakukan. Biasakan melakukan engine breaking saat memperlambat kendaraan. Caranya, lepas gas tanpa memasukkan gigi ke netral terlebih dahulu. Cara ini akan menghentikan total suplai bensin ke mesin. Berbeda jika transmisi dimasukkan ke netral, bensin masih disuplai untuk menjaga mesin tetap hidup.

4. Menjaga kecepatan konstan

Pengereman dan akselerasi mendadak selalu membutuhkan energi yang besar. Di mobil, sumber energi utama adalah bahan bakar. Usahakan menyetir secara konstan tanpa menginjak gas atau rem dengan mendadak. Membelokkan kemudi dengan lembut juga memberikan kontribusi dalam menghemat BBM, ketimbang membanting setir mendadak yang akan menurunkan kecepatan secara drastis.

5. Kurangi beban

Semakin berat mobil Anda, makin banyak bensin yang akan dihabiskan. Kendaraan SUV dan truk yang memiliki mesin lebih besar biasanya membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Jadi lebih baik Anda hindari memenuhi bagasi mobil untuk menjaga beban mobil dan mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Bahan bakar akan lebih boros 1 sampai 2 persen untuk setiap beban seberat 50 kg di mobil. Jadi bawalah barangbarang yang ringan ketika bepergian. Turunkan barang-barang yang tidak perlu dari mobil Anda.

Baca juga:  Tips Liburan Naik Mobil

6. Matikan mesin saat berhenti

Bila berhenti lebih dari 5 menit, baik di tepi jalan atau saat di traffic light, sebaiknya matikan mesin mobil. Sebab membiarkan mesin tetap hidup ketika berhenti menghabiskan lebih banyak bensin dari pada menghidupkan kembali. Bensin akan terus terpakai walaupun mobil dalam kondisi diam sekalipun, apalagi dengan tetap menyalakan AC. Membiarkan mobil menyala dalam kondisi diam lama juga akan menghasilkan polusi 20 kali lipat lebih banyak dibanding saat melaju dalam kecepatan 51 km/jam.

7. Periksa tekanan ban

Tekanan ban juga harus diperhatikan, karena tekanan ban yang kurang akan mengakibakan kendaraan kita menjadi lebih “berat” dan membuat bensin menjadi lebih boros.

8. Gunakan AC dengan wajar

Agar sirkulasi udara di dalam mobil berjalan, bukalah jendela saat memanaskan mobil. Hindari menyalakan AC sesaat setelah mesin dihidupkan, tunggu dulu hingga 4 menit. Ingat, mengggunakan AC – apalagi dengan pengaturan suhu paling tinggi – membuat beban perputaran mesin makin berat. Apabila sedang berjalan-jalan di daerah sejuk atau bensin dalam keadaan “kritis”, mematikan AC adalah solusi tepat.

9. No Gadget Please!

Selain mengancam keselamatan jiwa, menggunakan gadget saat berkendara juga bisa mengancam keselamatan kantong. Lho? Ya, pasalnya konsentrasi yang terpecah antara mengemudi atau membalas SMS atau chat bisa membuat irama mengemudi jadi tidak halus, penggunaan gas dan rem menjadi tak terkendali secara teratur. Padahal, semakin sering kita injak pedal gas dan rem secara bergantian dengan irama cepat akan berpengaruh pada konsumsi BBM.

10. Servis mesin secara berkala

Mesin adalah komponen utama kendaraan Anda yang butuh perawatan secara berkala. Anda dapat menghemat pengeluaran bahan bakar hingga 4 persen dengan menjaga mesin mobil terawat dengan baik.

11. Isi BBM saat masih setengah penuh

Bila jarum fuel meter sudah berada di garis tengah, segeralah mampir ke SPBU terdekat untuk mengisi full tank. Sebab bila semakin banyak ruang kosong di tangki bensin, maka semakin besar kemungkinan bensin menguap di siang hari. Ibarat kolam kosong yang baru diisi, kotoran yang mengendap di bawah akan ikut terangkat dan mengotori mesin.

Baca juga:  Ini Cara Buat Anak Kecil Nyaman di Bandara

12. Gunakan angkutan umum

Jika memungkinkan, gunakan angkutan umum. Jika jarak ke tempat tujuan dekat, bersepeda atau jalan kaki tentunya menghemat bahan bakar sekaligus memberi kesempatan Anda menikmati hangatnya sinar matahari. Bepergian secara berkelompok juga bisa jadi alternatif. Anda bisa bergabung di Komunitas Nebeng. Ini adalah wadah bagi orang-orang yang ingin nebeng ataupun bersedia memberikan tebengan. Bayangkan saja jika 2 orang atau lebih mau bergabung menjadi satu mobil saja untuk berangkat kerja, minimal akan menghemat BBM 50%. Selain itu tentu akan membantu mengurangi kemacetan dan polusi udara.

Sumber

Previous articleTips Menjaga Kesehatan Jantung Anda
Next articleFakta-Fakta Unik dalam Dunia Penerbangan