Bea Cukai Perketat Penjagaan di Bandara Husein Sastranegara

188

BANDUNG – Dirjen Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Barat memperketat penjagaan di Bandara Husein Sastranegara Bandung dari upaya penyelundupan narkoba.

Kabid Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Jabar, Saepullah Nasution, mengatakan, sejak Husein Sastranegara menjadi bandara international, banyak jaringan pengedar narkoba yang memanfaatkannya sebagai pintu masuk untuk mendistribusikan barang haram itu ke seluruh Indonesia.

“Dulu Husein ini bandara lokal, sekarang internasional. Tentunya dulu Bea Cukai tidak terlalu ketat dalam penjagaan. Tapi khusus sekarang tentu kami perketat,” tegasnya, Rabu (11/12/2013).

Bahkan, lanjut dia, Bea Cukai telah memiliki tempat dan petugas khusus yang berjaga selama 24 jam.

Petugas yang ditempatkan di bandara memiliki kemampuan khusus untuk mendeteksi orang-orang yang disinyalir membawa narkoba.

“Kita juga dibantu oleh beberapa alat pendeteksi, seperti x-Ray. Kalau diperlukan kami juga bisa meminjam anjing K9,” bebernya.

Selain itu, pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Polri dalam penanganan kasus narkotika. Tak hanya itu, untuk meningkatkan kemampuan anggotanya, Bea Cukai tengah membentuk pasukan yang diberi nama Customs Narcotic Team.

Selama 2013, Bea dan Cukai Jabar telah berhasil menggagalkan tiga penyelundupan narkoba dari Bandara Husein Sastranegara. Terakhir, petugas berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba senilai Rp 6,9 miliar.(ton)

Baca juga:  AP II Optimis Penyelenggaraan Angkutan Mudik Lebaran Tahun Ini Lebih Baik dari Sebelumnya
Previous articleApp Garuda All New 777
Next articleKemenhub Bantah Jual 10 Bandara kepada Swasta