Railink Rilis jadwal keberangkatan KA Bandara Soekarno Hatta, PT Railink merilis jam pemberangkakatan dan kedatangan kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta meski belum menyebutkan kapan kereta bandara tersebut mulai beroperasi, operator kereta Bandara Soetta itu sudah membuat jadwal perjalanannya.

Seperti di Pesawat

Pemberangkatan dari Stasiun Sudirman Baru menuju bandara, sudah dimulai pada pukul 03.21 WIB. Pemberangkatan terakhir dari Stasiun Sudirman baru menuju bandara pada 22.51 WIB. Sementara dari bandara, pemberangkatan pertama pada pukul 04.40 WIB dan terakhir pada 00.40 WIB.

Satu trainset terdiri dari 6 kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang. Interior keretanya didesain seperti di pesawat, penumpang dapat mengatur kemiringan kursi dan sandaran tangan.

KA Bandara ini ini dilengkapi berbagai fasilitas yang ada di stasiun dan selama perjalanan. Kereta juga dilengkapi pendingin udara, pengisi daya ponsel (charging port), toilet terpisah antara pria dan wanita. Selain itu,di tiap kereta dilengkapi bagasi untuk menempatkan barang bawaan penumpang serta 4 layar TV LED untuk hiburan dan informasi posisi kereta.

5 Stasiun

KA Bandara Soekarno Hatta akan melayani penumpang di 5 Stasiun, Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Utama Railink Heru Kuswanto memastikan sudah menyiapkan sepuluh trainset kereta bandara. “Kereta ini dengan kapasitas 33 ribu penumpang setiap harinya,” kata Heru.

Heru menjelaskan, waktu kereta bandara jarak tempuhnya relatif cepat karena hanya 55 menit. Jarak tersebut ditempuh dengan rute Stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri-Stasiun Batu Ceper-Stasiun Bandara Soetta.

Railink pada awal operasional hanya akan melayani penumpang di dua stasiun terlebih dahulu yaitu Sudirman Baru dan Bandara Soetta. “Sedangkan ketiga stasiun lainnya sedang tahap pembangunan,” ujar Heru.

Untuk pemesanan tiket, Railink mengembangkan sistem sendiri dengan nama Airport Railways Ticketing System (ARTS). Heru menjelaskan, transaksi tiket dilakukan secara non-tunai melalui mobile aplikasi, internet booking, dan vending machine.

Vending machine telah kami siapkan di masing-masing stasiun. Kemudian untuk mobile¬†¬†aplikasi dan internet booking akan kami rilis pada hari peresmian Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta nanti,” ungkap Heru.