Jet lag  menjadi hal yang sering dialami oleh penumpang pesawat, setelah melakukan penerbangan berjam-berjam. Jet lag  sendiri didefinisikan sebagai serangkaian gejala yang dialami seseorang, ketika beradaptasi dengan kondisi zona waktu yang baru.

Jet lag bisa membuat perubahan nafsu makan, gangguan pencernaan, hingga tekanan darah. Hal ini juga bisa membuat Anda sangat lelah dan terkadang membuat perubahan mood  seseorang. Berikut ini hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengatasi jet lag:

1. Dapatkan Melatonin Saat Berpergian

Melatonin adalah hormon yang ditemukan secara alami dalam tubuh, tetapi juga tersedia dalam bentuk suplemen. Akan sangat membantu dalam mengatur sistem sirkadian tubuh Anda. Suplemen melatonin dapat meringankan gejala jet lag. Meskipun pasca penerbangan administrasi melatonin bekerja secara efisien dalam penerbangan transmeridian kurang dari tujuh sampai delapan zona waktu, dalam kasus jarak yang lebih jauh, melatonin harus diberikan dua sampai tiga hari di muka sebelum jadwal penerbangan. Sebuah dosis yang tepat mungkin 2-5 miligram sesaat sebelum tidur. Atau bisa juga Anda konsumsi pisang karena mengandung melatonin alami.

2. Menyesuaikan Diri Dengan Tempat Tujuan

Mulailah menyesuaikan diri dengan jadwal(di tempat tujuan) beberapa minggu sebelum Anda bepergian. Pergilah tidur lebih awal dan bangun lebih awal, atau sebaliknya, perlahan-lahan bekerja sesuai dengan zona waktu yang baru. Cobalah untuk menyesuaikan dengan satu jam per minggu. Ini tidak disarankan untuk mengubah jadwal Anda dengan lebih dari satu jam per hari.

3. Hindari Alkohol dan Kafein

Orang terkadang membuat jet lag  mereka menjadi lebih buruk dengan menggunakan kafein di pesawat terbang ketika mereka harus mencoba untuk tidur atau mereka menggunakan alkohol sebagai obat tidur yang kemudian akan menjadi bumerang dengan memberikan mereka tidur, yang pendek dan tidak efisien Alkohol juga memiliki efek dehidrasi, yang dapat memperburuk gejala jet lag.

4. Nikmati Perjalanan

Dapatkan rasa nyaman di pesawat. Kenakan pakaian longgar dan sepatu yang nyaman serta penutup telinga di pesawat dan gunakan headphone  untuk membantu meredam kebisingan dan tidur. Jika Anda sudah lelah bahkan sebelum Anda turun dari pesawat, Anda ke awal yang buruk. Tahan diri anda untuk bekerja atau membaca di pesawat, tidur sebanyak yang Anda bisa

5. Gunakan Terapi Cahaya yang Terang

Ada beberapa produk yang menawarkan penuh spektrum terapi cahaya terang. Sebuah review dari researcher at Brigham and Womens Hospital and Harvard Medical School menunjukkan bahwa paparan sinar buatan yang terang menurunkan kantuk dan meningkatkan waktu reaksi. Ini yang paling efektif untuk mengubah ritme sirkadian tubuh ketika digunakan pertama kali di pagi hari (untuk membantu Anda bangun lebih awal, jika Anda bepergian ke arah timur) atau sebelum tidur (untuk menunda tidur, jika Anda bepergian ke arah barat).