Presiden Jokowi resmikan Bandara Silangit, Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Bandar Udara Internasional Silangit, Tapanuli Utara pada Jumat. Menurut Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Presiden Jokowi dan rombongan akan bertolak ke Bandar Udara Internasional Silangit, Kecamatan Siborong-Borong, Kabupaten Tapanuli Utara menggunakan pesawat Kepresidenan RJ-85 melalui Pangkalan TNI AU Soewondo, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara.

“Tiba di bandara tersebut, Presiden akan meresmikan Terminal Bandara Udara Internasional Silangit,” kata Bey,

Usai meresmikan terminal bandara tersebut, Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Langkat.

“Presiden hendak menyerahkan Kartu Indonesia Pintar dan Program Keluarga Harapan di Gedung Serba Guna Manunggal Langkat Berseri, Kabupaten Langkat,” katanya.

Selanjutnya Presiden akan melaksanakan ibadah salat Jumat dan masih dilanjutkan dengan penyerahan Sertifikat Tanah untuk rakyat di kawasan Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

“Setelah melaksanakan ibadah salat Jumat, Presiden akan menyerahkan Sertifikat Tanah untuk Rakyat di kawasan Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, sore harinya, Presiden kembali ke Medan,” ujar Bey.

Bandara Silangit sebenarnya sudah berstatus sebagai bandara internasional pada 28 Oktober 2017 lalu. Hal itu ditandai dengan penerbangan perdana Garuda Indonesia dari Bandara Changi Singapura ke Silangit bernomor penerbangan GA 8510 dari Changi, Singapura tepat pukul 13.30 WIB.

Bandara Silangit berkapasitas 500.000 penumpang per tahun ini dilengkapi dengan fasilitas CIQ (Custom, Immigration, Quaratine), runway dengan panjang 2.650 x 30 meter, dan PCN yang bisa mengakomodasi pesawat berbadan sempit Airbus A320 dan Boeing 737-800.

Bandara itu juga mengimplementasikan fitur “smart airport” dengan teknologi digital, antara lain, berupa Wi-Fi gratis, display jadwal bus dan penerbangan, e-payment, mesin tiket bus, e-kios, informasi turis, self check-in dan berbagai fitur digital.