Ingin Menaiki Trem ? Surabaya tempatnya !

191
Bus berbentuk Trem yang dipakai untuk Surabaya Heritage Track dan Surabaya Shoping and Culture Track
Bus SHT dan SSCT
Bus SHT dan SSCT

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia yang berpenduduk kurang lebih 3,1 juta jiwa. Dengan luas wilayah 374.8 km2 kota ini mampu menyedot wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri dengan berbagai destinasi wisata yang disediakan oleh pihak Dinas Pariwisata maupun pihak swasta di kota ini.

Banyak sekali destinasi wisata yang bisa kita kunjungi disini. Mulai dari wisata museum , religi , kuliner , alam dan masih banyak lagi. Tidak cukup sehari dua hari untuk menikmati semua wisata yang ada di Surabaya. Apabila kita tidak mempunyai waktu cukup lama untuk singgah di kota ini jangan khawatir kita bisa memanfaatkan paket tur wisata yang disediakan oleh Dinas Pariwisata dan pihak swasta setempat.

Terdapat dua macam tur yang kita bisa nikmati,SHT dan SSCT. SHT merupakan singkatan dari Surabaya Heritage Track yang dikelola oleh pihak Sampoerna untuk wisata tempat-tempat heritage yang ada di Surabaya. Dan SSCT merupakan Surabaya Shopping and Culinary Track yang disediakan oleh Dinas Pariwisata Kota Surabaya untuk pengunjung yang ingin berbelanja , kuliner dan tentunya sambil berwisata di kota ini.

Yang berbeda dari tur ini adalah bus yang digunakan berbentuk seperti trem yaitu kereta yang memiliki rel khusus di tengah kota yang terakhir beroperasi sekitar tahun 1975. Selain itu corak bus yang kreatif dan menarik serta tempat duduk yang ditata sedemikian rupa agar penumpang dapat dengan mudah melihat keadaan luar memiliki kesan tersendiri saat kita menaikinya.

trembus
Bus SSCT dan Trem

SHT beroperasi setiap hari kecuali hari Senin dengan 3 jadwal keberangkatan yang berbeda. Untuk hari selasa sampai kamis terdapat 3 kloter keberangkatan mulai dari pukul 09.00 , 13.00 , dan 15.00. Pada Pukul 09.00 pagi trayek bus mengunjungi Tugu Pahlawan dan PTPN XI , kemudian siang harinya pada jam 13.00 giliran Klenteng Hok Ang Kiong dan Bank Escompto yang mendapat kunjungan sampai dengan pukul 14.00 , dan yang terakhir pada pukul 15.00 bus berwarna merah ini berkunjung ke Kantor Pos Kebonrojo , Gereja Kepanjen , dan Bank Ex De Javanesche.

Baca juga:  Kegiatan Unik Penghilang Jenuh saat Transit

Untuk jadwal weekend yaitu hari Jumat sampai Minggu bus ini memiliki tujuan trayek yang sedikit berbeda dari hari weekday. Jadwal keberangkatan sama seperti weekday dibagi menjadi 3 kloter yaitu pukul 09.00 , 13.00 , dan 15.00. Pada pukul 09.00 bus mengunjungi Balai Pemuda , Balai Kota , dan Bank Ex De Javasche , kemudian pukul 13.00 Tugu Pahlawan , PTPN XI dan terdapat tambahan trayek yaitu GNI , dan yang terakhir pada pukul 15.00 bus yang berkapasitas duduk 22 orang ini mengunjungi Kampung Kraton , Balai Kota , dan Gedung Cak Durasim. Semua Tur SHT ini gratis tidak dipungut biaya apapun. Untuk dapat mengikuti tur ini bisa langsung datang ke Museum House of Sampoerna dan memesan tiket jangan lupa untuk mengestimasikan waktu keberangkatan agar tidak tertinggal.

SSCT merupakan tur bis keliling kota Surabaya yang dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata dan bekerja sama dengan paguyuban Cak dan Ning Kota Surabaya sebagai pemandu tur. Cukup dengan membayar Rp 7.500 anda sudah bisa mengikuti tur ini dengan rute Balai Pemuda – Balai Kota – Taman Ekspresi – Tugu Pahlawan – Museum Kesehatan – Museum Bank Indonesia ( Ex De Javanesche Bank ) – Jembatan Merah Plaza – dan kembali ke Balai Pemuda lagi. Untuk jadwal tur bis ini setiap hari Selasa , Sabtu , dan Minggu dimulai pukul  09.00 sampai dengan pukul 14.00 dan bus berangkat dari Balai Pemuda. Agar tidak kehabisan tiket maka anda harus memesan tiket minimal seminggu sebelumnya karena cukup banyak peminat dari tur bus yang mulai beroperasi sekitar satu tahun yang lalu. Di sepanjang perjalanan anda tidak pelu khawatir apabila anda kebingunan mencari tahu bangunan atau tempat apa karena ada guide dari paguyuban Cak dan Ning Surabaya yang sepanjang perjalanan akan menjelaskan secara detail tempat bersejarah yang telah dilewati.

Baca juga:  Ngaku Pecinta Bola, Sudah Tahu Museum Sepakbola di Brasil Belum?

Cukup mudah bukan untuk menikmati Kota Surabaya bagi anda dengan waktu yang terbatas tetapi ingin mendapatkan banyak sekali pengalaman baru yang bisa anda ceritakan ke rekan kerja atau saudara anda. Tinggal menyesuaikan dengan waktu dan keadaan anda , ingin naik bus berbentuk trem SHT ataukah SSCT ?

 

 

Previous articlePintu Pesawat Mungkin Ditemukan
Next article5 Hal yang wajib dilakukan di Gili Trawangan
Tim Airport.id
Kami hadirkan beragam informasi dunia penerbangan dan pariwisata