Di Derawan, kita bisa menikmati sinar Matahari yang hangat berpadu dengan pemandangan pantai pasir putih nan halus tentu memiliki laut jernih yang berubah warna dari hijau ke biru. Kita akan temukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless. Derawan, dengan kekayaan alamnya, menjadi salah satu destinasi impian.

Berada di daratan Kabupaten Berau di Kalimantan Timur, kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau dan yang paling terkenal di antaranya adalah Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Kita bisa menyaksikan setiap hari penyu bertelur di pasir atau berenang ke laut bersama kura-kura. Seluruh wilayah konservasi laut ini luasnya tidak kurang dari 1,27 juta hektar.

Tidak ada cara lebih baik untuk mendapatkan keindahan bahari Derawan kecuali kita menceburkan diri ke bawah lautnya, menyelam ataupun sekadar snorkeling. Melengkapi istirahatnya Anda bisa menikmati hamparan pasir di Gosong yang letaknya hanya 5 menit dari Pulau Derawan. Total ada 28 titik penyelaman yang ada di sini.

Kita juga bisa ke Danau Kakaban. Danau yang berair payau ini terletak di Pulau Kakaban yang termasuk dalam Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Bentuk pulau Kakaban terbilang unik karena berbentuk seperti angka 9, dan ribuan ubur-ubur yang ada di danau Kakaban merupakan ubur-ubur yang tidak menyengat.

Danau Kakaban merupakan satu dari dua danau yang memiliki ubur-ubur terkenal di dunia. Satu lagi danau yang memiliki ubur-ubur di dalamnya adalah Jellyfish Lake, di Palau. Bukan hanya bentuk pulaunya saja yang unik, namun ekosistem danaunya juga unik, karena dihuni oleh hewan dan tumbuhan endemik yang lain dari biasannya, seperti ubur-ubur yang tidak memiliki sengatan, algae yang menjadi karpet di dasar danau, dan anemon yang berwarna putih.

Perbedaan antara Danau Kakaban dengan Jellyfish Lake adalah jika di Danau yang ada di Palau tersebut hanya memiliki 2 jenis ubur-ubur, sedangkan Danau Kakaban memiliki 4 jenis ubur-ubur yakni ubur-ubur bulan, totol, kotak, dan terbalik. Dan karena itu pula makan danau ini dinominasikan oleh UNESCO untuk menjadi kawasan situs warisan dunia. Bila Anda tertarik dengan seni budaya masyarakat Dayak di Kalimantan Timur, Anda harus berkunjung ke Desa Pampang.

Menuju Derawan

Untuk menuju Derawan dapat dituju melalui penerbangan ke Balikpapan di Kalimantan Timur dari Jakarta, Surabaya atau Denpasar. Berikutnya kita dapat mengambil penerbangan penghubung ke Tanjung Redep di Berau. Dari sana berikutnya kapal akan mengatar kita ke Kepulauan Derawan.

Resort Derawan menyediakan transportasi dan peralatan menyelam. Untuk akomodasi, resort tersebut menyediakan juga bungalow berupa rumah bergaya kalimantan dan menghadap pemandangan laut yang indah.

Masalah budget? Jangan khawatir, berikut adalah gambarannya:

Bila beruntung, tiket pesawat Jakarta-Tarakan PP dapat diperoleh dengan harga Rp. 980.000 nett dengan budget airlines. Alternatif lain menuju Pulau Derawan adalah menyeberangi laut, darat, dan sungai dari Tarakan. Jalur ini bisa dilakukan bagi mereka yang menyukai tantangan, ingin melihat kehidupan suku Dayak di pinggir sungai Kayan, dan aktifitas nelayan di laut. Rute yang harus ditempuh adalah: Tarakan – Tanjung Selor, tiket speed boat Rp.80.000, waktu tempuh 1,5 jam. Setibanya di Pelabuhan Sengkawit Tanjung Selor, ambil tujuan Tanjung Redeb, ibukota Kabupaten Berau. Tanjung Selor – Berau di tempuh 2 jam via darat lebih dengan harga Rp. 50.000, mobil Kijang tidak ber-AC. Setibanya di Berau, melalui terminal Tanjung Redeb yang berada di kota, rute dilanjutkan menuju Tanjung Batu, Ibu Kota Kecamatan Derawan, dengan biaya RP. 50.000 tergantung jumlah penumpang. Sepanjang perjalanan lintas Kalimantan bagian utara ini, infrastruktur jalan bisa dikatakan bagus dengan jalan aspal melewati hutan belantara, dan kampung suku Dayak. Setibanya di di Pelabuhan Tanjung Batu, dengan panjang jembatan 250 meter, satu-satunya alat transportasi publik yang tersedia adalah mini speed boat dengan kapasitas maksimal 5 orang. Harga sewa speed boat ini adalah Rp. 250.000 sekali jalan (kita bisa menunggu orang lain yang mau kesana dan sharing). Jarak tempuh Tanjung Batu – Pulau Derawan adalah 30 menit dengan laut yang sangat jernih dengan komposisi biota laut yang khas Indonesia Timur.

Hanya ada satu operator kapal travel yang melayani rute Tarakan-Derawan PP, dengan harga paket per orang tergantung akomodasi dengan harga termurah Rp. 600.000 hanya transportasi kapal saja. Biasanya paket pantas bagi backpacker adalah paket Rp. 800.000, sudah termasuk akomodasi, penginapan, makan 3 x sehari, dan transportasi PP.  Untuk akomodasi lokal di Kota Tarakan, ada banyak penginapan backpacker dari Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000.

Peralatan snorkling dapat disewa dengan harga Rp. 30.000 – Rp. 50.000. Sementara pencinta olahraga diving juga tidak perlu kuatir karena banyak penyewaan alat selam dengan sewa antara Rp. 1 juta hingga 2 juta rupiah.

Bagaimana info Derawan dari Rajakamar ini, Travelers? Sudah indah, murah juga kan?