Siapa Mau Traveling Murah Saat Peak Season, Baca Tips Ini!

113
Cara Liburan Gratis

Banyak orang menghindari traveling saat Peak Season karena harga-harga yang melambung tinggi. Mulai dari tiket pesawat, penginapan, tiket masuk ke tempat wisata, hingga belanja makan dan oleh-oleh semua naik. Tapi jangan kuatir, beberapa kiat berikut bisa membantu agar pengeluaran anda tidak membengkak selama peak season.

1. Bersikaplah fleksibel

Bersikaplah fleksibel jika anda ingin menghemat bujet selama traveling. Jangan memaksa untuk pergi ke suatu destinasi terkenal. Cobalah lirik destinasi lain yang tidak terlalu ramai. Pilih destinasi yang punya akomodasi murah dan harga tiket yang tidak melambung terlalu tinggi.

Sering-seringlah mengecek situs-situs perjalanan untuk mendapat opsi transportasi jika tiket pesawat dirasa masih mahal. Jika ingin booking tiket pesawat, pilih penerbangan pertama di pagi hari yang biasanya lebih murah. Cek juga akomodasi dan makanan murah di destinasi tujuan.

2. Pilih transportasi umum yang murah

Pilih transportasi umum yang murah seperti bus atau kereta (subway/metro) sampai terminal atau stasiun terdekat. Jika memungkinkan tidak perlu menyewa mobil yang menghabiskan banyak bujet. Kalau lokasinya terpencil boleh naik taksi atau sewa kendaraan dari terminal atau stasiun terdekat itu.

Selain lebih murah, naik transportasi umum pasti lebih seru. Tapi, tetap pilih yang aman ya!

3. Coba lirik akomodasi lain selain hotel

Selain hotel bujet yang selalu menjadi favorit untuk menekan biaya, ada pilihan lain yang juga ekonomis yaitu sewa apartemen dan kamar kos. Apartemen atau kamar kos ini cocok bagi anda yang traveling bersama teman-teman atau keluarga.

Kamarnya pun lebih luas serta fasilitasnya lengkap. Harga sewanya tidak jauh berbeda dengan kamar hotel. Di luar negeri banyak kota yang menyediakan apartemen dan kamar kos sebagai opsi. Kamar kos ini kerap dijadikan pilihan para backpacker untuk menginap berhari-hari, atau bahkan berminggu-minggu.

Baca juga:  Menikmati Musik Jazz Dengan Alam Bebas Yang Indah Di Jazz Gunung Bromo 2017

4. Kenyang dengan cara hemat

Salah satu keuntungan menyewa kamar apartemen adalah karena terdapat dapur untuk memasak. Ketimbang harus makan di hotel atau tempat lain yang tentu harganya mahal, anda bisa memasak sendiri.

Cobalah belanja makanan ke pasar tradisional setempat di pagi hari. Sambil menikmati atmosfer pasar tradsional, harga bahan makanannya pun tentu lebih murah. Anda pun bebas memasak makanan sendiri di apartemen. Dijamin lebih hemat!

Jika menginap di hotel, sebisa mungkin jangan pesan makanan di restorannya. Jangan juga membeli minuman atau snack-snack yang disediakan di hotel. Saat check out, anda harus membayarnya dengan harga berkali-kali lipat. Beli makanan murah di luar hotel namun yang terjamin kebersihannya.

5. Pintar beradaptasi dengan penduduk lokal

Beradaptasi dengan penduduk lokal saat traveling ke suatu destinasi memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah ketika anda tersesat. Mereka akan dengan senang hati membantu mengarahkan ke jalur yang benar. Oleh karena itu, ramahlah dengan semua orang dimanapun anda berada.

Tak hanya membantu kala tersesat, tak jarang warga lokal juga menawarkan diri untuk menjadi guide gratis untuk berkeliling. Mereka bisa merekomendasikan penginapan dan tempat makan yang murah-meriah.

Meski begitu, anda tetap harus waspada dan berhati-hati. Bagaimanapun juga, guide lokal ini adalah orang yang baru anda kenal. Sebelum berangkat, cari informasi di internet mengenai modus-modus penipuan di destinasi tujuan.

Previous articleDerawan, Surga Tropis yang Sempurna
Next articleTips naik pesawat saat berangkat Haji
Tim Airport.id
Kami hadirkan beragam informasi dunia penerbangan dan pariwisata