Air Asia mudahkan rute penerbangan ke Labuan Bajo, maskapai penerbangan yang ramah kantong pejalan ini akan melayani rute penerbangan Jakarta – Labuan Bajo. CEO AirAsia Group Tony Fernandes mengatakan banyak lokasi wisata baru yang dipromosikan pemerintah, selain Bali. Hal ini menjadi angin segar bagi industri maskapai karena ada potensi penumpang dan rute penerbangan.

“Saya bicara dengan Pak Jokowi ketika di Manila, ini berita bagus bagi maskapai di mana pemerintah fokus mengembangkan wisata. Indonesia tidak hanya Bali, tapi ada Labuan Bajo, Danau Toba dan masih banyak lagi,” kata Tony.

Pembukaan rute baru ini merupakan hasil kesepakatan bersama antara pemerintah pusat dan pihak maskapai AirAsia. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Marius Ardu Jelamu, mengatakan bahwa rencananya per tahun depan AirAsia mulai layani rute baru ini.

Dengan harapannya, pembukaan rute baru ini akan mempermudah wisatawan untuk menuju Pulau Flores dan NTT. Dengan demikian, para wisatawan bisa memanfaatkan waktu perjalanan dengan efektif.

Tony mengaku sangat tertarik untuk berekspansi ke Labuan Bajo. Hanya saja, dirinya masih mempertimbangkan kemungkinan ekspansi tersebut di tahun depan.

Saat ini AirAsia Group mengoperasikan pesawat-pesawat narrow body sejenis Airbus 320. AirAsia Group sendiri di Indonesia mengoperasikan 22 pesawat A320 dan 2 pesawat A330.

“Untuk Labuan Bajo itu potensi wisata di sana sangat bagus sekali. Saat ini memang kami belum, tapi nanti akan ke sana,” ucap dia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkomitmen siap untuk meningkatkan status bandara yang memiliki potensi wisata. Salah satunya Bandara Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“‎Saya lagi berpikir ingin Labuan Bajo, Labuan Bajo sangat potensial sekali, dan dekat dengan Australia,” kata Budi Karya.