12 Tips Menghadapi Rasa Cemas Saat Naik Pesawat Terbang

0
1
rasa cemas saat naik pesawat

Seperti halnya lepas landas dan mendarat, turbulensi adalah faktor lain yang dapat menyebabkan timbul rasa cemas saat naik pesawat. Turbulensi disebabkan oleh gangguan pada aliran udara normal. Biasanya pilot tahu jika ada turbulensi di jalur pesawat dan tahu bagaimana menghindarinya. Berikut adalah beberapa tips untuk tetap tenang saat mengendarai pesawat:

1. Datanglah ke bandara lebih awal

Datanglah ke bandara beberapa waktu lebih awal dari jadwal penerbangan. Jika terlambat, Anda bisa khawatir ketinggalan pesawat. Perasaan cemas ini akan sulit untuk pulih meskipun Anda sudah berada di pesawat.

2. Pilih tempat duduk

Memilih tempat duduk di pesawat adalah bagian penting untuk dipertimbangkan jika Anda takut terbang. Anda dapat memesan kursi di bagian depan kabin pesawat karena efek turbulensi lebih rendah jika dibandingkan dengan bagian belakang.

3. Biarkan orang lain tahu ketakutan Anda

Biarkan pramugari dan beberapa penumpang terdekat tahu tentang ketakutan atau kecemasan yang Anda rasakan. Tidak perlu merasa malu karena banyak penumpang lain juga merasa takut dan cemas. Ini akan membuat pramugari atau awak pesawat secara teratur memantau situasi Anda terutama ketika ada keadaan darurat.

4. Tarik penutup jendela pesawat saat lepas landas dan mendarat

Memandang ke luar jendela saat pesawat lepas landas atau mendarat dapat meningkatkan ketakutan dan kecemasan. Jadi jika Anda duduk di dekat jendela, disarankan untuk menutup jendela pesawat ketika pesawat akan lepas landas dan mendarat. Setelah pesawat stabil, Anda dapat membuka penutup jendela dan menikmati pemandangan di luar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here