Yuk Mengenal Black Box Pesawat

202
Bentuk Black Box/Flight Data Recorder

Yuk mengenal Black Box pesawat. Black box adalah sesuatu yang hitam, diartikan sesuatu yang mengandung misteri.

Kenapa berwarna oranye? Warna itu sudah merupakan standar yang telah ditetapkan International Civil Aviation Organization (ICAO). Selain itu, warna oranye ngejreng dimaksudkan agar mencolok mata untuk memudahkan pencarian bila pesawat mengalami insiden atau kecelakaan di medan atau lokasi sulit.

2 Jenis black box itu adalah Cockpit Voice Recorder (CVR) dan Flight Data Recorder (FDR). CVR berukuran 30 x 12,5 cm. Alat ini untuk merekam percakapan pilot, pilot dengan ATC, serta para awak pesawat.

Sedangkan yang satunya bernama Flight Data Recorder (FDR) berukuran lebih panjang, 49 x 12,5 cm. Alat ini merekam data-data teknis pesawat seperti ketinggian, kecepatan, putaran mesin, radar, auto pilot dan lain-lain. Ada 5 sampai 300 parameter data penerbangan yang direkam dalam black box ini.

Durasi perekaman untuk CVR adalah 30 menit. Maksudnya setiap 30 menit data percakapan akan terhapus dan diganti dengan yang baru secara otomatis. Sedangkan FDR mempunyai durasi rekaman hingga 25-30 jam.

Artinya setelah 25-30 jam, data akan terhapus dengan sendirinya. CVR dan FDR ini akan hidup secara otomatis apabila mesin pesawat dihidupkan.

Baca juga:  Ada Oknum Petugas yang Pungli, Begini Cara Melaporkannya Agar Ditangani!
Previous articleKelakuan Pramugari dan Penumpang Ini Bikin Geleng Kepala
Next articlePahami Etika Ini Sebelum Merebahkan Kursi Pesawat