Urus Bagasi Hilang? Ikuti Langkah-Langkah Berikut

872

Siapa yang tidak jengkel jika secara tiba-tiba bagasi hilang? Ya kehilangan bagasi merupakan hal yang sangat menyebalkan dalam perjalanan terbang kita, karena selain membuang-buang waktu untuk mencarinya tapi juga cukup membuat kita panik juga pastinya.

Berikut adalah lima langkah untuk mengurus bagasi yang hilang :

Buat laporan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melaporkan kehilangan bagasi ke staf maskapai dan sertakan rincian penerbangan. Ini mungkin bukanlah hal yang wajib, tapi laporan kehilangan akan memudahkan proses pencarian bagasi Anda.

Deskripsikan tas yang hilang

Selain mengisi rincian identitas dan penerbangan, Anda harus memberikan gambaran yang akurat tentang tas yang hilang. Seperti warna, ukuran, dan fitur yang membedakan. Lebih bagus lagi jika Anda memiliki gambar tas atau koper Anda di dalam ponsel.

Lacak bagasi

Jika dalam tiga hari koper Anda belum datang, lakukan pelacakan dari rumah dengan menghubungi layanan bagasi di bandara atau bagian pusat maskapai. Jika tidak ada tanda-tanda koper ditemukan setelah tiga minggu, koper akan dinyatakan hilang.

Urus klaim

Jika Anda pergi ke luar negeri dan tidak memiliki uang karena kehilangan koper, Anda bisa meminta maskapai untuk bertanggung jawab dengan menutup biaya “barang-barang penting”. Maka uruslah klaim kepada maskapai selama 21 hari sebelum bagasi Anda dinyatakan benar-benar hilang.

Urus asuransi perjalanan

Mengurus asuransi perjalanan adalah hal harus Anda lakukan untuk mendapat penggantian bagasi. Ambillah kompensasi dengan asuransi perjalanan, terlebih jika maskapai tidak bisa memberi ganti pada kehilangan Anda. Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki asuransi bagasi.

 

Sumber

Baca juga:  Pesawat China Airlines Keluarkan Asap Di Soekarno-Hatta
Previous article9 Bangkai Pesawat Di Bandara Soekarno-Hatta Akan Disingkirkan
Next articleBerikut 5 Destinasi Dengan Wisata Pelangi