Traveling Ke Luar Negeri? Ini Siasat Pintar Sewa Mobil yang Hemat Biaya

270

Selain menggunakan transportasi umum, salah satu cara untuk berkeliling selama wisata di luar negeri adalah dengan menyewa mobil.

Di banyak negara, taksi hanya mau mengantar maksimal 4 orang penumpang. Jadi jika keluarga Anda berjumlah lebih dari itu, menyewa mobil adalah opsi terbaik untuk wisata bersama keluarga.

Pengalaman pertama dalam menyewa mobil bisa menjadi sesuatu hal yang terlihat merepotkan dan juga penuh tantangan, tetapi sebenarnya tidak juga. Dengan riset dan perencanaan yang baik, semua ini bisa menjadi suatu pengalaman yang akan membuat Anda untuk kembali menyewa mobil. Berikut adalah hal-hal yang Anda perlu ketahui.

SIM Internasional atau SIM terjemahan.

Bedanya dari kedua SIM ini adalah SIM Indonesia yang diterjemahkan belum tentu diterima di luar negeri seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa. Sedangkan SIM internasional sudah pasti diterima. Memiliki SIM internasional adalah hal yang sangat baik, apalagi jika Anda sering pergi berlibur ke luar negeri. Untuk warga Jakarta, pembuatan SIM internasional dilakukan di kantor Korlantas Mabes Polri di Jalan Letjen MT. Haryono Kavling 37-38. Jakarta.

Syarat-Syarat untuk membuat SIM internasional adalah dengan membawa KTP, paspor, dan SIM. Selain dokumen asli, bawa pula salinannya (fotokopi). Lalu selembar materai Rp 6.000 dan tiga lembar pas foto berukuran 4 x 6 berlatar belakang biru.

Pembuatan SIM internasional ini adalah sistem langsung jadi. Tetapi tergantung keramaian di hari Anda datang. Jika ingin prosesnya cepat, disarankan Anda datang di pagi hari. Korlantas sudah buka dari pukul 08.30 sampai 15.00. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat SIM adalah Rp 250.000 dengan masa berlaku 3 tahun.

Ingatlah kalau di luar negeri, umur minimum menyewa mobil adalah 21 tahun. Jadi pastikan anggota keluarga Anda yang bisa menyetir sudah mencapai umur yang diminta.

Baca juga:  Pedoman Tepat dalam Membangun Toko Online

Riset tempat menyewa mobil

Alangkah baiknya jika Anda sudah melakukan riset mengenai tempat sewa mobil dan melakukan pemesanan sebelumnya. Di musim-musim ramai pengunjung dan destinasi wisata favorit, kemungkinan mendapatkan mobil sewaan sangatlah kecil karena kebanyakan orang juga bepergian ke tempat yang sama, di waktu yang sama, dan memikirkan hal yang sama juga. Jadi pastikan Anda sudah memesan mobil sebelum Anda pergi sehingga saat sampai tinggal mengambil mobil tersebut.

Dengan melakukan hal ini, Anda juga bisa menghemat uang karena biasanya harga belum begitu mahal ketika Anda memesan di jauh-jauh hari. Juga, Anda memiliki lebih banyak pilihan ketika memilih mobil. Terkadang beberapa tempat penyewaan mobil juga menawarkan jasa penjemputan gratis yang bisa mengantar Anda ke tempat sewa mobil.

Kartu kredit yang aktif.

Beberapa agen penyewaan mobil akan meminta kartu kredit Anda ketika Anda memesan mobil. Jadi pastikan Anda memiliki kartu kredit yang aktif. Juga kebanyakan agen tidak akan menyewakan mobil mereka jika nama di SIM dan kartu kredit Anda tidak sama. Jarang sekali agen menerima kartu debit. Jadi pastikan Anda memiliki kartu kredit ketika Anda mau memesan mobil.

Mempunyai asuransi perjalanan juga sangat berguna karena dengan begitu Anda tidak perlu membeli asuransi dari agen penyewaan mobil. Harga asuransi dari tempat rental mobil bisa sangat mahal, jadi pastikan Anda sudah mempersiapkan asuransi sebelum Anda pergi berlibur. Pastikan juga Anda membaca apa saja yang di-cover oleh perusahaan asuransi Anda, karena ada juga asuransi perjalanan yang tidak memasukkan cover rental mobil. (Calista Oktavia)

 

Sumber

Previous articleJelang Imlek, Wisata ke Luar Negeri Banyak Diminati
Next articleAngkasa Pura II Siapkan Costumer Center di 13 Bandara