tips merencanakan liburan yang menyenangkan

31

Liburan merupakan saat yang anda tunggu-tunggu. Liburan sendiri,bersama teman, ataupun keluarga bisa memberikan kepuasan dan menghilangkan rasa penat setelah sekian lama bekerja. Namun tidak jarang masa liburan anda malah di isi dengan kekecewaan dan diakhiri dengan perasaan tidak menyenangkan. Kebanyakan dari hal ini terjadi karena kurangnya perencanaan dalam liburan anda, oleh sebab itulah merencanakan liburan merupakan satu hal yang cukup penting. Tentunya kita ingin saat liburan menjadi saat paling menyenangkan bukan ?

Berikut ini beberapa tips merencanakan liburan yang bisa anda gunakan ;

Rencanakan dari jauh hari

Jika anda anda akan berlibur, usahakan untuk merencanakan liburan anda jauh hari sebelumnya. Dengan demikian anda bisa menghitung dan mempersiapkan budget tanpa mengganggu keuangan anda di akhir liburan nanti.

Tentukan kemana anda akan berlibur

Pilih tujuan wisata liburan anda jauh hari sebelumnya . Dengan demikian anda bisa menghitung budget liburan dengan lebih baik . Memilih tempat liburan bisa anda lakukan bersama dengan rekan, atau keluarga . Keuntungan dari hal ini, anda bisa mencari dan memperkirakan budget hal-hal yang diperlukan dalam liburan anda nanti seperti misalnya hotel, biaya perjalanan, tiket pesawat atau kereta, dan lain-lain.

Booking Hotel

Usahakan untuk booking hotel jauh hari sebelumnya, jangan sampai setelah dekat waktu berlibur anda belum mendapatkan tempat untuk menginap. Hal ini menajdi amat penting terutama jika anda berlibur di saat High Season. Disaat high season tidak jarang hotel mulai dari bintang 4 sampai dengan penginapan kelas melati telah penuh dibooking. Anda juga bisa mempertimbangkan booking hotel secara online melalui website penyedia booking, banyak dari hotel yang memberikan diskon cukup besar dibandingkan dengan booking langsung.

Pertimbangkan alternatif tempat menginap

Jika anda merencanakan liburan ke suatu tempat dan berencana untuk tinggal lebih dari 3 hari, ada baiknya anda mempertimbangkan tempat menginap alternatif. Di daerah tujuan wisata tertentu seperti Bandung, Yogya, atau Bali, banyak alternatif menginap yang bisa anda pilih seperti kostan harian, paviliun mingguan, bahkan menginap di rumah warga setempat . Sebagian besar dari tempat menginap alternatif ini bertarih jauh lebih murah daripada menginap di Hotel. tentunya ini bisa menghemat pengeluaran anda bukan ?

Beli tiket jauh hari sebelumnya

Setelah fix menentukan tujuan wisata, ada baiknya anda langsung berburu tiket promosi. Banyak dari maskapai penerbangan yang menyediakan tiket murah jika anda membeli jauh hari sebelumnya. Dengan demikian anda bisa menekan pengeluaran biaya perjalanan dan menggunakannya untuk lebih menikmati wisata anda .

Pilih tempat tujuan rekreasi dengan cermat.

Jika anda mengunjungi satu daerah wisata, tentunya anda mempunyai keinginan untuk mengunjungi banyak tempat rekreasi di daerah tujuan wisata tersebut . Misalkan saja anda berlibur selama tiga hari ke Yogya, tentunya anda ingin bisa mengunjungi keraton, benteng vredeburg, menikmati malioboro, dan lain-lain. Satu hal yang perlu di ingat, tidak semua tempat rekreasi yang ditawarkan oleh suatu daerah wisata “layak” untuk dikunjungi . Sebisa mungkin anda mencari informasi tentang tempat rekreasi tersebut sehingga anda bisa memutuskan kemana saja anda akan berkunjung.

Atur Pengeluaran

Selalu catat pengeluaran anda dan hindari keinginan untuk belanja mendadak. Tidak jarang pengeluaran terbesar malah muncul karena keinginan mendadak saat liburan . Kita semua pasti ingin bisa menikmati liburan dengan nyaman dan bebas, namun selalu usahakan agar biaya liburan anda tetap berada dalam budget yang sudah direncanakan. jangan sampai setelah liburan anda mendapatkan kesulitan keuangan.

Pertimbangkan untuk menggunakan paket tour

Jika waktu anda mepet sekali dan tidak sempat untuk merencanakan liburan anda dengan cermat, ada baiknya anda mempertimbangkan paket tour yang banyak disediakan . Pilih paket yang sesuai budget dengan destinasi wisata yang sesuai dengan keinginan anda. Dengan demikian anda bisa berhemat waktu dan pikiran.

Berlibur di saat Low Season

Jika waktu anda cukup fleksibel, mungkin and abisa mempertimbangkan untuk bergi berlibur disaat low season. kemungkinan besar anda bisa menemukan penawaran harga yang lebih murah lho ..

Selalu bawa air minum

Dehidrasi merupakan satu hal yang banyak dialami oleh wisatawan. Apalagi jika anda mengunjungi tempat wisata yang mengahruskan anda untuk berjalan kaki, mendaki bukit atau tangga, berada diluar ruangan lama, dan sejenisnya. Pastikan untuk selalu membawa air minum dan minum secara teratur.

Semoga beberapa tips merencanakan liburan diatas bisa membantu anda,

Selamat berlibur !

Sumber: http://tripgarut.com/tips-merencanakan-liburan-yang-menyenangkan/