Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba. Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, semua umat islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha.

Pada hari itu, umat islam sangat disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat islam di suatu daerah. Ketika tidak semua orang menyukai daging kambing dikarenakan daging kambing ini baunya khas dan terasa sampai daging kambing sudah diolah menjadi masakan.

Sebenarnya ada sejumlah tips yang bisa diterapkan saat mengolah daging kambing supaya tidak berbau perengus atau amis. Berikut tips dari pengamat kuliner, Arie Parikesit. Menurutnya salah satu tips agar masakan olahan daging kambing tidak berbau prengus adalah tidak terkena air sebelum dimasak. Selain itu, agar tidak prengus bisa juga menggunakan rempah.

“Rempah sangat memotong aroma khas,” ujarnya. Jenis rempah yang bisa memotong bau khas kambing adalah kunyit, kayu manis, bunga lawang.

Semua rempah tidak perlu dijadikan satu. Tergantung hendak dimasak apa daging kambing tersebut. Bisa juga dengan mengkombinasikan rempah-rempah itu.

Jika tidak bisa menyiapkan rempah-rempah yang sanggup membuang bau amis, Arie masih memiliki satu kiat. Yakni, menggantinya dengan penggunaan kecap manis.

“Kecap manis memotong aroma keras kambing dengan legitnya kecap manis,” tambahnya.