It’s A Book Affair! Nuansa dan Warna Baru di Indonesia International Book Fair 2017

130

Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) kembali menggelar ajang pameran buku terbesar di tanah air dan berskala internasional, Indonesia International Book Fair (IIBF). Gelaran yang menjadi agenda tahunan ini merupakan penyelenggaraan IIBF ke-37, dan akan berlangsung pada 6-10 September 2017. Berlokasi di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC), IIBF 2017 akan mulai dibuka jam dari jam 10.00 sampai jam 21.00.

Pameran buku yang digagas IKAPI ini, bermula pada 1980 dengan nama Indonesia Book Fair, dan bertransformasi pada tahun 2014 menjadi Indonesia International Book Fair (IIBF). Pameran ini menjadi salah satu medium memberi warna pada perbukuan dunia. Mengangkat tema It’s a Book Affair, Indonesia International Book Fair menggambarkan bahwa buku adalah hasil dari integrasi dan sinergi menyeluruh antarpihak, lahir berkat kolaborasi erat antara penulis, editor, penerbit, dan pembaca.

Lebih luas It’s A book affair ingin menggambarkan pertemuan intim dan kolaborasi pihak-pihak lain dengan para kreator. Antara lain dunia pendidikan dengan buku, dunia pariwisata dengan buku, perkembangan teknologi dengan buku,  film dengan buku, bahkan bagian sisi paling pribadi Anda dengan buku.

Selain tagline di atas IIBF 2017 juga akan meluncurkan ikon, desain dan warna baru yang lebih fresh tapi tetap professional. Ikon yang digunakan dalam bentuk singkatan dari huruf depan nama event ini, Indonesia International Book Fair, yaitu IIBF, sehingga akan mudah diingat dan diucapkan. Ikon ini rencananya akan digunakan dalam berbagai implementasi di kegiatan IIBF 2017 ini yang akan meramaikan dan membuat event ini menjadi lebih semarak. Hal baru lainnya, adalah desain dan warna baru yang akan digunakan. IIBF 2017 akan menggunakan 4 warna baru: Merah, Biru Muda, Kuning dan Biru Tua, sehingga akan membuat IIBF menjadi lebih meriah dan cantik.

Baca juga:  Landasan Ketiga Soekarno-Hatta Butuh Rp 10 Triliun

Peserta IIBF juga mendapatkan manfaat lain dari segmentasi pengunjung yang merupakan pasar potensial dari beragam kalangan; ibu rumah tangga dan keluarga, eksekutif muda, pelajar dan mahasiswa, masyarakat umum, dan profesional industri terkait. Untuk target lebih khusus Indonesia adalah produsen buku yang aktif yang tetap menerbitkan buku dalam jumlah tinggi, dan para pengarang dengan jumlah terbanyak di kawasan sekaligus pembeli hak cipta terbesar di Asia Tenggara. IIBF juga makin semarak dengan dukungan dan kolaborasi posisi Jakarta serta Indonesia sebagai tujuan wisata yang menawan: alam, budaya, makanan, orang, dan belanja.

IIBF 2017 akan menempati luas area 4.700 m2, menyediakan 192 stan yang terdiri dari stan special design, stan semi special design, stan standar dan stan minimalis (stan Indonesia Rights Fair dan Antiquariat), diikuti oleh 20 negara, dimeriahkan oleh lebih dari 100 acara edukasi, dan dikunjungi lebih dari 75ribu pengunjung.

IIBF 2017 juga akan dimeriahkan dengan beragam acara menarik untuk seluruh kalangan yang terdiri dari:

  1. Kegiatan Pra-event

Rangkaian kegiatan IIBF 2017 akan diawali dengan pra-event dengan mengadakan Kuliah Umum (Studium Generale) di universitas atau sekolah.

  1. Pembukaan

IIBF 2017 dibuka secara resmi oleh Pejabat Negara dan Duta Besar (perwakilan negara) yang menjadi Guest of Honor atau Focus Country.

  1. Business Match Making

Bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan transaksi hak cipta (copyrights) antara penerbit Indonesia dengan penerbit dari berbabagi negara.

  1. Seminar/workshop untuk Praktisi Perbukuan dan Penerbitan (nasional dan internasional)

Seminar atau workshop mengenai berbagai bidang dengan narasumber dan peserta dari dalam dan luar negeri

  1. Lomba Tari Daerah Tingkat TK dan SD

Bertujuan untuk memberi apresiasi terhadap ekstra kurikuler tari di sekolah-sekolah, menumbuhkan rasa cinta terhadap seni budaya bangsa serta mempromosikan kekayaan seni budaya Indonesia kepada masyarakat luas.

  1. Get Inspired (Sharing Knowledge) From The Expert

Untuk berbagi inspirasi dan motivasi dari para tokoh dan penulis terkemuka, termasuk acara diskusi buku dan jumpa pengarang.

  1. Wisata Literasi dan Pengetahuan (Literacy Fun Field Trip)Ditujukan bagi siswa TK dan SD, untuk memperkenalkan bahan bacaan dan kekayaan khazanah literatur serta budaya dari berbagai daerah di Tanah Air dan negara-negara sahabat. Bentuk kegiatan:
    • Dongeng (Story Telling)
    • Pengenalan seni dan budaya
    • Kuis dan permainan
    • Kunjungan ke Area Tamu Kehormatan, Area Perpustakaan, dan stan-stan tertentu
  2. Acara Spesial dari GoH atau Focus Country
Baca juga:  Tersenyum Kagum Melihat Bandara Mutiara Sis-Al Jufri

Negara yang menjadi Tamu Kehormatan dapat memperkenalkan kekayaan literatur (buku dan penulis), penerbitan, seni, budaya, pariwisata, teknologi, dan keunggulan lain negaranya kepada masyarakat luas. Negara Tamu Kehormatan juga bisa memberikan grand prizes paket wisata ke negaranya bagi pengunjung IIBF sebagai salah satu daya tarik dan promosi pariwisata.

Selain acara-acara di atas, pada event IIBF 2017 juga akan diadakan Indonesia Rights Fair (IRF). Program khusus di IIBF untuk transaksi hak cipta (copyrights) yang akan diselenggarakan tanggal 6-8 September 2017. Di IRF, para penerbit, penulis, content creators dapat saling mempromosikan buku atau karyanya, melakukan transaksi hak cipta (copyrights) agar buku dan karyanya dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas, melakukan kerja sama penerbitan bersama (co-publishing), serta bentuk-bentuk kerja sama lainnya.

Previous articleBerpergian Menggunakan Pesawat Saat Hamil? Simak Tipsnya Dari Citilink
Next articleTips Agar Kambing Tidak Berbau Perengus Saat Dimasak