Tahun 2014 Garuda Indonesia rencana datangkan 27 pesawat baru

34

Garuda Indonesia berencana mendatangkan 27 pesawat baru dari berbagai tipe pada tahun depan untuk mendukung ekspansi perusahaan. “Tahun ini (menambah) 24, tahun depan 27,” kata Chief Executive Officer PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Emirsyah Satar, di Yogyakarta, Jumat (29/11/2013), seperti yang dilansir Tempo.

Emirsyah Satar berharap Garuda Indonesia bisa masuk ke dalam jajaran lima maskapai penerbangan terbaik di dunia dalam waktu lima hingga tujuh tahun mendatang. Namun, menurutnya harapan itu harus realistis dan sesuai dengan kemampuan perusahaan. “Mesti realistis, permodalan juga harus masuk akal,” kata dia.

Menurut Emirsyah, ada tiga hal yang perlu dikembangkan di Garuda Indonesia, antara lain pengembangan sumber daya manusia (SDM), proses bisnis, dan pengembangan teknologi melalui impor teknologi yang setara dengan maskapai internasional lain di dunia. “Sehingga Garuda mampu memberikan pelayanan yang bagus dengan cost yang lebih murah,” katanya.

Selain itu, Emirsyah juga menjelaskan bahwa perusahaan telah memesan 35 pesawat baling-baling ATR 72-600, dengan rincian 25 pesawat merupakan firm order dan 10 pesawat lainnya merupakan opsi pembelian tambahan jika nantinya diperlukan. Satu pesawat jenis itu telah tiba di Indonesia dan diperkenalkan pada 25 November lalu, bersamaan dengan pengenalan sub-brand baru bernama Explore yang akan mengoperasikan pesawat itu. Garuda Indonesia Explore akan mengoperasikan ATR 72-600 pada rute-rute pendek, dengan penerbangan perdana 2 Desember 2013, melayani rute Denpasar-Labuan Bajo-Ende dan sebaliknya.