Pesawat Batik Air jenis Boeing 737-800 bertabrakan dengan pesawat TransNusa jenis ATR 4202 seri 600 di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin malam sekitar pukul 19.55 WIB.

“Telah terjadi runway incursion di Bandara Halim Perdanakusuma antara pesawat Batik Air dengan pesawat TransNusa yang sedang towing menuju apron selatan Bandara Halim Perdanakusuma,” papar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Suprasetio saat konferensi pers di Bandara Halim, Jakarta Timur, Selasa (5/5) malam.

Atas insiden tersebut, pesawat jenis Boeing 737-800 itu pun mengalami patah di sayap kiri pesawat. Sementara pesawat jenis ATR 402 mengalami patah di ujung sayap sebelah kiri dan ekor pesawat. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, seluruh penumpang yang terdiri dari 48 dewasa dan satu anak, serta tujuh awak pesawat berhasil diselamatkan.

“Sedangkan pesawat Transnusa dalam keadaan kosong yang sedang dipindahkan menuju ke Afron selatan dua teknisi di dalam pesawat dan dua teknisi di towing,” tambahnya.

 

 

[Baca juga: Pesawat Batik Air dan TransNusa Tabrakan, Blackbox Diamankan]