Spesifikasi Realme C3, Smartphone Terbaik untuk Anda yang Aktif

2145
Spesifikasi Realme C3, Smartphone Terbaik untuk Anda yang Aktif
Source: pinoytechnoguide.com

Bagi Anda yang memiliki gaya hidup aktif, tentunya memerlukan perangkat smartphone yang mumpuni. Tepat pada tanggal 19  Februari 2020, Realme Indonesia secara resmi memboyong Realme C3 ke tanah air. Ini tentunya menjadi suatu hal yang sangat dinanti-nantikan oleh para penggemar perangkat Realme. Pasalnya, Realme C3 dikenal sebagai smartphone entry-level yang memiliki spesifikasi dan fitur-fitur yang sangat unggul. Tentunya, smartphone ini menjadi impian yang terwujud bagi Anda yang menginginkan smartphone canggih yang tersedia dengan harga terjangkau. Berikut adalah ulasan spesifikasi lengkap dari Realme C3.

  • Body dan Layar

Realme C3 membentuk bentuk body tipis dengan tampilan layar berponi waterdrop notch khas Realme. Perangkat ini hadir elegan dengan tampilan desain body yang langsing dengan ketebalan mencapai 9 mm. Bobotnya yang hanya sekitar 195 gram membuat perangkat gawai ini terasa sangat nyaman saat digenggam. Dengan body plastik yang dapat menyerap panas secara optimal, smartphone Realme C3 ini mengusung 3 variasi warna elegan yang dapat Anda pilih. Anda dapat memilih produk smartphone Realme ini dengan variasi warna: Blazing Red, Volcano Grey, dan Frozen Blue.

Tak hanya dari segi desain, tampilan layar dari Realme C3 ini pun membuatnya terlihat mewah. Smartphone ini mengusung layar panel jenis IPS LCD seluas 6.5 inch. Sedangkan, resolusi layar yang dimiliki oleh perangkat ini adalah sebesar 720 x 1560 pixel. Realme menyematkan Corning Gorilla Glass 3 untuk melindungi bagian layar dari goresan akibat terkena benturan.

  • Dapur Pacu

Dengan harga 1 jutaan, Realme C3 berhasil menggaet perhatian dengan ketangguhan dapur pacunya. Smartphone ini mengusung tipe chipset Mediatek Helio G70 yang didukung dengan prosesor Octa-core. Selain itu, smartphone Realme ini juga didukung dengan tipe OS Android 10 dengan User Interface Realme UI 1.0. Untuk dukungan grafis, Realme menggunakan GPU tipe Mali-G52 2EEMC2.

  • Kapasitas Memory

Untuk mendukung segala aktivitas Anda, Realme C3 dibekali dengan kapasitas memori RAM dan memori internal yang cukup melegakan. Smartphone Realme ini hadir dengan 3 variasi RAM, yaitu sebesar 2 GB, 3 GB,dan 4 GB. Sedangkan, untuk dukungan memori internal, smartphone ini mengusung pilihan memori seluas 32 GB dan 64 GB. Anda dapat memilih kapasitas memori manapun yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Dukungan Kamera

Realme C3 hadir dengan spesifikasi dual-camera yang disematkan pada bagian punggung gawai. Smartphone ini mengusung dua lensa kamera dengan resolusi 12 MP dan 2 MP. Untuk spesifikasi kamera depan, Realme menyematkan lensa selfie beresolusi 5 MP untuk mengakomodasi kebutuhan swafoto Anda. Baik kamera depan maupun kamera belakang mampu menghasilkan rekaman video dengan resolusi sebesar 1080 pixel.

  • Baterai

Untuk ukuran smartphone dengan harga 1 jutaan, Realme C3 hadir dengan kapasitas baterai jumbo. Perangkat gawai ini dibekali dengan baterai tanam berkapasitas 5000 mAh yang sangat tangguh. Dengan menggunakan baterai tersebut, Anda dapat menjalankan berbagai macam aplikasi dengan lancar selama berjam-jam.

Inilah Kelebihan yang Dimiliki Realme C3

Harga perangkat yang murah bukanlah satu-satunya daya tarik dari Realme C3. Smartphone unggulan kelas Entry-level milik Realme ini juga hadir dengan berbagai keunggulan lainnya. Berikut adalah ulasan kelebihan dari Realme C3 yang menarik untuk Anda ketahui:

  • Baterai Berkapasitas Jumbo yang Tahan Lama

Salah satu keunggulan paling mencolok yang dimiliki oleh Realme C3 ini adalah kapasitas baterai yang memuaskan. Realme C3 hadir dengan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh. Kapasitas baterai tersebut merupakan peningkatan dari 2 seri smartphone Realme sebelumnya, yaitu Realme C1 dan Realme C2. Perlu diketahui, bahwa smartphone Realme C1 hanya memiliki kapasitas baterai seluas 4.230 mAh, dan Realme C2 mengusung baterai berkapasitas 4.000 mAh saja.

Dengan daya baterai jumbo tersebut, Realme C3 mampu bertahan selama 28 jam untuk mengakomodasi aktivitas streaming video berkualitas HD secara terus-menerus. Sedangkan, jika Anda membuka aplikasi ringan, maka smartphone ini mampu bertahan hingga 2 hari lamanya. Hal tersebut tentunya merupakan suatu pencapaian yang langka dari seri smartphone kelas entry-level.

  • Fitur Dual-Camera Hadirkan Hasil Fotografi Mengagumkan

Fitur unggulan lainnya yang dimiliki oleh Realme C3 ini adalah kehadiran 2 lensa kamera belakangnya. Anda dapat mengabadikan momen-momen spesial dengan memanfaatkan kecanggihan dual camera yang tersematkan pada smartphone ini. Kamera belakang dari Realme C3 ini hadir dengan resolusi sebesar 12 MP yang didukung dengan lensa depth sensor sebesar 2 MP. Kombinasi yang sempurna dari kedua lensa kamera tersebut menjamin kualitas jepretan foto Anda terlihat tajam dengan detail yang sangat mengagumkan. Untuk seri smartphone entry-level, Realme C3 benar-benar menunjukkan bahwa ia mampu bersaing dengan lensa kamera dari smartphone flagship sekalipun.

  • Performa Chipset Tangguh Maksimalkan Performa

Untuk mendukung Anda yang memiliki kegiatan padat, Realme C3 hadir dengan jenis prosesor Mediatek Helio G70. Perangkat chipset tersebut semakin diperkuat dengan dukungan Octa-core yang tangguh. Prosesor yang tertanam di dalam Chipset tersebut yaitu: 2 core Cortex-A75 yang memiliki kecepatan sekitar 2.0 GHz dan 6 buah core Cortex-A55 berdaya output 1.7 GHz.

Cortex-A75 memiliki peranan yang sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja dari chipset dalam memproses data. Sehingga, proses pengolahan data pun berlangsung dengan cepat dan optimal. Anda pun dapat melakukan aktivitas multitasking dengan sangat mudah. Sedangkan, prosesor Cortex-A55 memiliki peranan yang krusial dalam hal efisiensi daya.

Dari segi pengolahan grafis, Realme menanamkan komponen GPU Mali-G52 2EEMC2. Kombinasi antara chipset yang perkasa dan kartu grafis mumpuni membuat Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas dan membuka aplikasi di dalam perangkat ini secara leluasa. Anda bahkan bisa memainkan beberapa game berkelas berat seperti PUBG Mobile dengan pengaturan grafis HD dengan lancar. Bagi Anda yang menginginkan perangkat smartphone untuk bermain game dengan budget minimalis, smartphone Realme C3 ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan terbaik.

  • Desain Elegan dengan Warna-Warna yang Vibrant

Melihat tampilan body dari Realme C3 mungkin akan mengingatkan Anda sekilas tentang perangkat Realme 5i. Seri smartphone terbaru dari Realme ini hadir dengan pilihan warna menarik dengan efek semburat yang sangat indah. Semburat warna tersebut seakan mengingatkan Anda akan pancaran sinar matahari terbit. Bagian belakang dari smartphone ini terbuat dari material plastik polikarbonat. Walaupun terbuat dari material plastik, bahan polikarbonat yang menjadi casing dari smartphone Realme ini tergolong kokoh. Plastik polikarbonat juga sangat ampuh dalam menyerap panas. Sehingga, Anda dapat tetap mengakses perangkat smartphone ini selama berjam-jam tanpa membuat perangkat menjadi panas.

  • Ketahanan Terhadap Air yang Mengagumkan

Selain memiliki desain yang elegan, Realme C3 juga mengusung fitur waterproof. Realme menyematkan segel port dan penutup plastik pada beberapa bagian smartphone ini untuk mencegah rembesan air yang dapat masuk ke dalam smartphone. Ini artinya, gawai Realme ini tidak akan rusak walaupun terkena percikan air hujan atau air minum yang tidak sengaja tersenggol dan tumpah. Tak hanya memiliki ketahanan terhadap air yang mengagumkan, layar Realme C3 ini juga diperkuat dengan lapisan Corning Gorilla Glass. Dengan adanya perlindungan terhadap kaca layar tersebut dapat membantu membuat tampilan layar tetap terlihat awet dan terjaga dari goresan. Tentunya, hal tersebut menjadi aspek lain yang membuat Anda terkagum dengan seri terbaru dari smartphone Realme ini.

  • Dukungan OS dan User Interface Terbaru untuk Pengalaman yang Maksimal

Realme C3 ini hadir dengan dukungan OS Android 10 terbaru yang diperkuat dengan fitur Realme UI. Bahkan, bisa dibilang bahwa Realme C3 merupakan seri smartphone Realme pertama yang dibekali dengan user interface terbaru tersebut. Dengan hadirnya Realme UI sebagai user interface membuat perangkat gawai ini memiliki tampilan yang sederhana dan sangat memudahkan Anda dalam bernavigasi. Aktivitas mengunduh aplikasi maupun membuka aplikasi favorit Anda pun akan terasa semakin mudah dan menyenangkan.

Cari Tahu Juga Kekurangan Realme C3 Berikut Ini

Sebagai smartphone dengan kelas harga 1 jutaan, Realme C3 memang memiliki spesifikasi dan fitur-fitur yang sangat mengagumkan. Namun, smartphone ini tentunya tidak luput dari sejumlah kekurangan. Berikut merupakan beberapa kekurangan dari Realme C3 yang perlu untuk Anda ketahui:

  • Tidak Adanya Fitur Fast Charging

Terlepas dari kapasitas baterai jumbo yang tangguh, Realme C3 tidak dilengkapi dengan fitur Fast Charging. Ini tentunya menjadi salah satu kekurangan yang sangat disayangkan oleh mereka yang ingin menjajal perangkat ini. Pasalnya, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai berkapasitas 5.000 mAh tentunya akan terasa sangat lama jika tidak dibekali dengan fitur pengisian daya cepat. Pengisian daya baterai untuk Realme C3 ini hanyalah memiliki daya output sekitar 10W. Dengan tidak adanya pengisian daya cepat, Realme C3 ini membutuhkan waktu charging hingga 3,5 jam.

  • Realme C3 Masih Menggunakan Jenis Port Micro USB

Hal lainnya yang cukup disayangkan dari perangkat Realme C3 adalah, smartphone ini masih mengusung fitur port Micro USB. Sedangkan, port jenis micro USB sudah tidak lagi digunakan oleh seri smartphone modern. Bahkan, smartphone sekelas Redmi 8 dan Redmi 8A yang juga hadir dengan harga yang sama sudah mengusung tipe port USB Type-C. Fitur port Micro USB dinilai kurang ideal untuk mengakomodasi kebutuhan manusia di era modern. Terlebih lagi dengan proses pertukaran data yang cukup lambat.

  • Kualitas Foto yang Kurang Maksimal dalam Kondisi Minim Cahaya

Memotret objek dengan menggunakan kamera belakang Realme C3 di siang hari memang bisa menghasilkan kualitas gambar yang memukau. Namun, hasil yang berbeda akan Anda peroleh jika memotret dalam kondisi minim cahaya. Hasil foto yang Anda peroleh akan terlihat kurang maksimal, terutama dengan banyaknya noise yang muncul. Dengan semakin berkembangnya platform medsos seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok, spesifikasi kamera yang mampu memotret atau merekam objek dalam kondisi malam hari tentunya sangatlah penting.

Demikianlah ulasan tentang spesifikasi lengkap beserta dengan keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh Realme C3. Sebagai smartphone Realme dengan kelas Entry-level, Realme C3 memang sudah cukup baik. Smartphone ini sangatlah ideal bagi Anda yang ingin menjalankan aplikasi gaming maupun streaming film dengan sepuasnya. Namun, Realme C3 memang belum terlalu mumpuni dalam mengakomodasi kebutuhan selfie Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Previous articleMajalah AGRINA, Inspirasi dan Peluang Agribisnis Indonesia
Next articleCara Penerapan Suntik Vaksin Corona di Inggris