Musim mudik Hari Raya Lebaran segera tiba. Untuk menyiasati melonjaknya penumpang, pemerintah pun tengah mengatur strategi dengan menggunakan jalur Pulau Jawa bagian selatan untuk memecahkan kepadatan lalu lintas udara di jalur utara.

“Semua jalur kita gunakan, baik utara maupun selatan dan koordinasi kita dengan TNI AU sudah sangat baik,” jelas Direktur Utama Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Airnav Indonesia Novie Riyanto kepada Antaranews.com, Rabu (23/5/2018).

Menurut Novie, jalur selatan sangat efektif digunakan untuk kota-kota tujuan bagian selatan seperti, Yogyakarta dan Denpasar karena 45 mill lebih dekat dari Jakarta. Lebih lanjut, Novie mengungkapkan telah mengarahkan sekitar 1.200 personel dan 400 personel siaga untuk musim mudik Lebaran 2018 ini.

Adapun bandara yang mengalami penambahan jam operasional diantaranya, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Bandraa Halim Perdanakusuma, Bandara Juanda, Bandara Hang Nadim, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Kualanamu, Bandara Banjarmasin, dan Solo.