Musim Mudik Lebaran, Maskapai Tambah Jadwal Penerbangan dari Batam

67

Sejumlah maskapai penerbangan mulai dari Citilink Indonesia, Lion Air, dan Sriwijaya, menambahkan jam terbang dari Batam ke sejumlah kota di Indonesia. Penambahan jam terbang ini tak lain untuk mengantisipasi jumlah lonjakan penumpang pada musim mudik Lebaran 2018 ini.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Suwarso menuturkan seperti maskapai Citilink misalnya. Maskapai plat merah ini menambah jadwal penerbangan sehari satu penerbangan untuk rute Padang dan Palembang mulai 11-24 Juni 2018. Citilink menambah 86.400 kursi selama musim mudik Lebaran 2018 dari 8-28 Juni 2018.

Untuk maskapai Lion Air, jadwal penerbangan rute Batam-Pekanbaru memiliki jumlah penambahan sama yakni satu kali sehari mulai 11-16 Juni 2018. Sedangkan, Sriwijaya Air menambah jadwal penerbangan untuk tujuan Batam-Jakarta dan Batam-Jambi sehari sekali saja.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan juga masih mempertimbangkan kesiapan maskapai untuk menerbangkan rute tersebut untuk ketersediaan penerbangan di Bandara Hang Nadim. Untuk di Bandara Hang Nadim Batam sendiri diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-7 Lebaran saat cuti bersama mulai.