Saudia Airlines Alokasikan 7 Penerbangan Untuk Haji Qatar

225

Perusahaan Penerbangan Arab Saudi, Saudi Arabian Airlines mengalokasikan tujuh penerbangan pesawat Boeing 777-300 untuk mengangkut calon haji asal Qatar dari bandara Doha ke Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA) di Jeddah dan penerbangan akan dilaksanakan dari 22 hingga 25 Agustus.

Dirjen Perhubungan Udara Otoritas Umum Penerbangan Sipil di GACA Muhammad Al-Otaibi mengatakan, kebijakan ini merupakan pelaksanaan arahan Pelayan Dua Masjid Suci Raja Salman.

Penerbangan pulang akan dimulai pada 5 September setelah ritual haji usai. Sebelumnya, kantor berita Saudi (SPA) melaporkan Raja Salman telah menyetujui rencana pembukaan persimpangan perbatasan Salwa antara Arab Saudi dan Qatar.

“Raja Salman juga berencana mengirim pesawat pribadi dari armada Saudia ke Doha untuk menerbangkan jemaah Qatari ke Jeddah,” kata laporan. Direktur jenderal General Authority of Civil Aviation (GACA), Mohammed Al-Otaibi mengatakan saat ini maskapai sedang mempersiapkan penerbangan.

Saudia perlu mengajukan izin dahulu ke pihak berwenang Qatar. Saat ini, izin tersebut belum direspons. Al-Otaibi menambahkan, peziarah Qatar yang ingin melakukan perjalanan melalui bandara Dammam atau Al-Ahsa akan dipindahkan ke penerbangan Saudia yang dijadwalkan.

“Jika perlu, mereka akan menaiki penerbangan khusus,” katanya. Semua biaya penerbangan ini ditanggung oleh Raja Salman.

GACA telah mengeluarkan arahan ke semua bandara untuk memberikan semua bantuan yang diperlukan kepada calon haji asal Qatar, sesuai kebijakan Kerajaan. Termasuk dalam penentuan alokasi slot waktu yang dibutuhkan oleh penerbangan Saudia yang datang dari Doha selama musim haji.

Baca juga:  Air China Hentikan Penerbangan Ke Korea Utara
Previous articleIndonesia Beli 11 Pesawat Sukhoi SU-35 Dari Rusia
Next articleHal yang Bisa Di Lakukan Saat Menunggu Pesawat di Bandara