Qantas dan China Southern Airlines menjalin kerjasama codeshare

30

Qantas dan China Southern Airlines menjalin kerjasama codeshare yang bisa menjadi pilihan menarik bagi pelanggan Qantas di Australia sekaligus membuka peluang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yang lebih banyak ke negeri kanguru.

Berdasarkan kesepakatan, pelanggan Qantas bisa membeli tiket untuk layanan penerbangan China Southern Airlines dari Sydney, Melbourne, Brisbane, dan Perth menuju Guangzhou, kota terbesar ketiga di China yang menjadi hub bagi China Southern Airlines.

Sebaliknya, pelanggan China Southern Airlines bisa memesan 10 rute penerbangan Qantas di Australia dan Selandia Baru, untuk memudahkan bagi pelanggan dari China dalam menjelajah lebih banyak kota di kawasan itu.

Chief Executive Officer Qantas Group Allan Joyce dalam keterangannya di Guangzhou mengatakan, kesepakatan ini merupakan bentuk strategi perusahaan untuk menawarkan pilihan perjalanan terbaik antara Australia dan Asia. “Kerjasama ini merupakan salah satu kunci strategi kami di Asia dan kami sangat senang memiliki China Southern sebagai mitra codeshare kami di negara dengan pertumbuhan pasar penerbangan terbesar di dunia,” ungkap Joyce.

Menurut Joyce, ini merupakan kabar yang baik untuk meningkatkan jumlah pelanggan Qantas yang pergi ke China baik untuk urusan bisnis maupun wisata karena mempermudah perjalanan mereka sekaligus membuka destinasi baru secara tidak langsung.

“Sekarang ini Qantas memiliki posisi yang unik melalui kerjasama dengan tiga maskapai besar di China. Kami memiliki kerjasama dengan China Southern dan China Eastern, dan melalui OneWorld, kami bekerjasama dengan Cathay Pacific,” ujar Joyce lebih lanjut.

Sementara itu, Chairman China Southern Airlines Si Xianmin mengatakan, kerjasama ini memperat hubungan antara kedua maskapai penerbangan dan menjadi model baru bagi China Southern untuk melakukan ekspansi pasar penerbangan internasional dengan maskapai internasional.