Januari 2014, proyek Bandara Sepinggan diperkirakan selesai

45

Pimpinan Proyek Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, Taochid Purnomo Hadi, menuturkan jika melihat progress hingga saat ini, pembangunan terminal baru Bandara tersebut diperkirakan rampung pada pertengahan Januari 2014. Saat ini progress pembangunan terminal dengan kapasitas mencapai 10 juta penumpang per tahun telah mencapai 88 persen.

Rencananya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bakal meresmikan terminal dengan konsep eco-building tersebut. “Melihat progress yang ada kami optimis ini akan selesai pada 15 Januari mendatang. Operasional bandara kemungkinan bisa sekitar 15-20 Februari,” katanya seperti dilansir Bisnis.com.

Dalam progres hingga 24 November, proyek paket I berupa design dan build bangunan penunjang serta fasilitas lainnya telah tuntas.  Sementara itu, paket II berupa pembangunan gedung terminal dan fasilitas penunjang mencapai 88,6 persen. Paket III berupa pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang yang digarap sejak 7 Juli 2011 telah mencapai 93,4 persen.

Di sisi lain, Sekretaris Proyek Agus Raharjo mengungkapkan, saat ini pihaknya masih menyelesaikan pembangunan paket IV berupa design & build tower, hangar, apron, dan fasilitas lainnya yang pengerjaannya baru 4,6 persen.

“Pembangunan gedung parkir lima lantai dan jembatan penghubung dengan luas total 77.760 meter persegi telah mencapai 43,7 persen. Di area ini terdapat fly over pertama di Balikpapan,” katanya.

Untuk mendongkrak pendapatan non-aeronautika AP I, proyek pengembangan Bandara Sepinggan yang menghabiskan dana Rp 2 triliun ini memang akan dioptimalkan .  Pasalnya, sejak Januari tahun ini jasa pelayanan navigasi udara diambil alih oleh Perum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (PPNPI).