PPIH Batam Khawatir Kabut Asap Menganggu Penerbangan Haji

47

Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) yang memiliki fungsi dan tugas melayani Jemaah Haji Indonesia dengan intergritas, profesional, inovatif, tanggung jawab dan keteladanan menjadi salah satu diantara aspek terpenting yang memastikan kesuksesan penyelenggaraan beribadah haji. Profesionalitas PPIH sangat perlu di dalam usaha Kemenag untuk selalu tingkatkan kwalitas service pada jamaah haji.

Ketika PPIH Embarkasi Batam mengkhawatirkan kabut asap kebakaran hutan di Riau mengganggu penerbangan jamaah haji, khususnya yang membawa calon haji dari Bandara Pekanbaru ke Bandara Batam, perwakilan Lion Air, Fikriyansyah dalam rapat evaluasi PPIH Embarkasi Hang Batam, menyampaikan kekhawatirannya. Penerbangan domestik Kloter 17 dan 18 asal Provinsi Riau mengalami gangguan karena saat ini di provinsi itu terdapat titik api yang bisa menyebabkan kabut asap tebal.

“Semoga kita bisa menghindari ini, walaupun yang kita khawatirkan justru saat pemulangan nanti,” katanya.

General Manager Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso yang mengatakan pihaknya akan segera memperbaiki mesin pemindai di Asrama Haji Batam. “Walaupun ternyata lima Kloter yang melakukan pemindaian orang dan tas tenteng di Bandara Hang Nadim Batam ternyata lebih cepat. Kami menggunakan 4 mesin pemindai dan hasilnya hanya dibutuhkan waktu di bawah 30 menit untuk satu Kloter,” tambahnya.

Ketua PPIH Embarkasi Batam Marwin Jamal mengingatkan, panitia untuk disiplin mengenakan tanda pengenal selama di asrama, dan tidak menyalahgunakan dengan meminjamkannya kepada orang lain untuk masuk ke asrama. “Ini akan berbahaya buat jamaah, karena ada pihak lain yang tidak berhak bisa masuk asrama dengan leluasa, dan ini akan menyulitkan petugas keamanan dalam mendeteksi setiap orang yang masuk asrama,” ujarnya.

Kemarin, senin siang, Embarkasi Hang Nadim Batam sudah memberangkatkan 6.713 jamaah calon haji dari Provinsi Kepulauan Riau, Riau dan Kalimantan Barat, yang terbagi dalam 15 kelompok terbang. Menurut jadwal, Embarkasi Hang Nadim Batam akan memberangkatkan 11.940 jamaah calon haji dalam 27 kloter pada musim haji tahun ini.

Baca juga:  Ahli: Pesawat MH370 Sengaja Diterbangkan ke Antartika
Previous articlePeminat Membludak, NAM Air Tambah Penerbangan Jakarta-Banyuwangi
Next articleTips Belanja Bagi Jemaah Indonesia Ketika Di Tanah Suci