Pembebasan Lahan Jalan ke Bandara Kualanamu Tunggu Keputusan Pengadilan

278

Medan: Pembebasan lahan untuk pembangunan jalan menuju Bandar Udara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, tinggal menunggu penetapan dari pengadilan.

Wakil Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi di Medan, Selasa (28/1) mengatakan, pihaknya telah menempuh proses konsinyasi dengan menetapkan biaya ganti rugi ke pengadilan.

Proses itu dilakukan karena pihaknya tidak menemukan kesepakatan harga atas lahan yang akan dibebaskan untuk membangun jalan arteri menuju Bandara Kualanamu tersebut.

Proses konsinyasi ke pengadilan tersebut dilakukan sesuai Peraturan Presiden tentang pembangunan infrastruktur untuk fasilitas umum.

Tanpa menyebutkan jumlah ganti rugi, Erry menyebutkan proses konsinyasi tersebut dilakukan untuk membebaskan lahan sepanjang 300 meter yang akan dibangun menjadi infrastruktur jalan.

“Kita sudah masukkan ke pengadilan, sekarang tinggal menunggu penetapan pengadilan. Kalau pengadilan menetapkan, kita sudah bisa mengeksekusi,” kata Erry.

Pihaknya mengharapkan masyarakat dapat memahami proses itu karena pemerintah bukan tidak mau mengganti dengan harga yang tinggi, tetapi terikat dengan sejumlah aturan dalam pembebasan tanah.

Jika menetapkan harga dengan tinggi, dikhawatirkan pimpinan proyek pembebasan lahan itu akan mendapatkan masalah karena memberikan ganti rugi yang tidak sesuai nilai jual objek pajak (NJOP).

Selain menunggu pembebasan lahan, Erry berkata pihaknya juga sedang menyiapkan pengaspalan jalan untuk empat lajur sepanjang 4,5 kilometer.

Sedangkan pembangunan jalan tol menuju Bandara Kualanamu sudah ditenderkan dengan masa kerja 900 hari sejak Januari 2013. “Sudah setahun, berarti tinggal 600 hari lagi,” kata Erry. (Ant)

Editor: Budi Ernanto

Sumber: http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2014/01/29/2/211479/Pembebasan-Lahan-Jalan-ke-Bandara-Kualanamu-Tunggu-Keputusan-Pengadilan

Baca juga:  Jam Operasional Bandara Diperpanjang Mulai H-10 Lebaran
Previous articleWali Kota Serap Aspirasi Bandara
Next articleKalimarau Siap Layani Rute Internasional