Kalimarau Siap Layani Rute Internasional

259

TANJUNG REDEB  – Fasilitas Bandara Kalimarau, Kabupaten Berau, dianggap siap melayani rute penerbangan internasional. Meski demikian, masih ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, seperti operator penerbangan yang siap beroperasi dan peluangnya.

Kepala Bandara Kalimarau Yuyus Yurdana mengatakan, sejak Sri Murani Ariningsih mantan Kepala Bandara Kalimarau dimutasi ke Bandara Fatmawati Bengkulu pada Agustus 2013, keinginan Pemerintah Kabupaten Berau agar bandara senilai Rp 450 miliar itu melayani rute internasional memang sempat tertunda.

”Ini menjadi PR (pekerjaan rumah) buat saya dari pemerintah daerah. Sebenarnya, banyak permasalahan di bandara ini yang harus saya hadapi. Ya, mudah-mudahan sambil jalan saya cari peluang-peluang yang mendukung ke situ (rute penerbangan internasional, Red),” kata Yuyus kemarin.

Yuyus tidak meragukan bandara yang dibangun dengan APBD Berau ini memang siap, baik dari segi fasilitas termasuk beberapa instansi pendukung seperti keimigrasian dan karantina. ”Saya rasa semuanya sudah siap, ya tinggal operatornya apa yang siap masuk,” ujar Yuyus.

Menurut Yuyus, untuk menarik maskapai kepincut membuka penerbangan internasional ke Bandara Kalimarau, diperlukan data-data kunjungan wisata dan investor asing yang menanamkan modalnya di Bumi Batiwakkal -sebutan Kabupaten Berau. ”Itu data yang harus kita cari dan kumpuli, bisa jadi pertimbangan operator dan kemudian ditawarkan,” ungkapnya.

“Nanti kita lihat dari Tarakan berapa kunjungan dan dari daerah lainnya berapa yang masuk ke Berau,” sambungnya.

Sedangkan terkait panjang landasan pacu, kata Yuyus, tergantung pesawat yang akan digunakan maskapai. ”Internasional enggak harus panjang, tergantung saja. Misalnya jenis ATR. Kita lihat nanti biasanya di Kaltim operatornya mana saja,” ujarnya.

Jika nantinya ada maskapai penerbangan yang siap, maka Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau akan melaporkannya ke Ditjen Perhubungan Udara (Dithubud) Kementerian Perhubungan untuk diverifikasi. (app/fir/kpnn/tom/k10)

Baca juga:  2014 Bandara Sumarorong direncanakan melayani rute Mamuju dan Makassar

Sumber: http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/54642/kalimarau-siap-layani-rute-internasional.html

Previous articlePembebasan Lahan Jalan ke Bandara Kualanamu Tunggu Keputusan Pengadilan
Next articleIni 9 Prioritas Pembangunan Bengkulu yang Ingin Diperhatikan Pusat