Saat ini semua orang bisa pergi liburan. Mulai dari harga tiket pesawat yang semakin terjangkau, banyaknya promo tiket murah hingga harga penginapan yang bisa disesuaikan dengan budget  membuat Anda bisa liburan kemana saja.

Masalahnya, banyak orang terganjal soal gaji yang dianggap kecil untuk bisa dipakai liburan. But say no more, karena bagi yang bergaji kecil pun bisa pergi liburan lho! Tak hanya traveling di dalam negeri, bahkan hingga ke luar negeri juga bisa lho!

Berikut ini ada tips dan trik agar Anda bisa pergi travelling meski punya gaji kecil yang bisa jadi referensi.

  1. Tentukan Destinasi

Pertama-tama, Anda bisa menentukan destinasi liburan yang ingin Anda kunjungi. Hitung semua biaya yang akan diperlukan, termasuk tiket dan akomodasi. Jika ingin liburan ke luar negeri, maka Anda harus hitung biaya pembuatan paspor dan visa jika diperlukan.

  1. Buat Tabungan Khusus

Selanjutnya, buatlah satu rekening terpisah dari tabungan Anda yang biasa dan dikhususkan untuk liburan. Sisihkan berapa persen dari gaji bulanan untuk dimasukkan rekening khusus liburan. Batasi diri untuk tidak mengambil uang dari rekening tersebut karena hanya digunakan saat Anda ready  berangkat ke desinasi impian.

  1. Beli Tiket Pesawat Lebih Awal

Jika sudah tahu destinasi yang akan dituju, Anda bisa membeli tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Dengan begini Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah. Belum lagi jika ada maskapai yang mengadakan promo besar-besaran atau agen travel online  yang sering mengadakan promo untuk tiket pesawat seperti iklan travel yang biasa ada di tv, maka Anda bisa mendapat tiket dengan harga termurah.

  1. Pilih Penginapan Murah

Selain pesan tiket pesawat, Anda juga perlu memesan penginapan jauh-jauh hari atau saat ada promo untuk mendapatkan harga terbaik. Saat ini ada banyak lho hotel maupun hostel yang menawarkan penginapan murah namun nyaman. Jadi meski gaji Anda pas-pasan, namun liburan tetap bisa jalan!

  1. Hemat

Berhemat adalah hal wajib yang harus Anda lakukan. Dengan gaji yang kecil, Anda harus bisa membagi antara kebutuhan sehari-hari, menabung dan juga anggaran liburan. Oleh karena itu Anda bisa mengurangi kunjungan ke mal, membawa bekal dari rumah hingga say no  untuk jajan. Yang terpenting, kurangi pengeluaran untuk hal yang kurang perlu.