Mencoba Layanan Taxi Premium Uber Jakarta

298

Uber baru saja secara resmi hadir di Jakarta. Uber sendiri merupakan sebuah layanan yang memungkinkan Anda memesan mobil mewah untuk menjemput Anda dan mengantarkan Anda pergi kemanapun yang Anda inginkan melalui smartphone Android, iOS, dan Windows Phone. Anda mungkin berpikir bahwa Uber adalah aplikasi hanya untuk memesan taksi, tapi itu keliru. Mobil-mobil yang disediakan adalah mobil mewah dengan plat hitam sehingga jauh lebih nyaman daripada taksi biasa. Selain itu, sistem pemesanan mobil pada aplikasi ini berbeda daripada aplikasi pemesanan taksi biasa lainnya, karena memiliki fitur yang membuat supir dan penumpangnya dapat saling melacak lokasi satu sama lain.

1. Aplikasi dan bersiap memesan

Sebelum menggunakan Uber Anda tentunya harus mendaftar terlebih dahulu dengan memasukkan nama, nomor telepon, email, dan nomor kartu kredit Anda untuk pembayaran nanti (ya, pembayaran akan dilakukan dengan menarik uang dari kartu kredit Anda, dan sayangnya layanan ini tidak menyediakan pembayaran tunai). Setelah itu, aplikasi ini akan memperlihatkan peta dan Anda bisa langsung memesan mobil Uber dari sana dengan pin atau memasukkan alamat di kotak yang tersedia. Di peta ini Anda juga bisa melihat apakah di sekitar Anda ada mobil Uber yang siap menjemput. Dan jika ada, Anda akan diberi tahu durasi waktu yang dibutuhkan hingga mobil tersebut tiba menjemput di lokasi. Perlu diingat bahwa saat ini layanan Uber hanya tersedia di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Tapi tidak menutup kemungkinan Anda beruntung dan mendapatkan ketersediaan mobil Uber jika Anda berada di lokasi yang tidak jauh dari wilayah yang telah ditentukan.
Uber Screens 1

2. Pemesanan dan menunggu mobil

Begitu memesan, kita akan mendapat informasi mobil yang akan menjemput secara mendetil, yaitu jenis mobil, nomor polisi mobil, nama supir, foto supir, dan rating supir tersebut berdasarkan pengguna lain. Lokasi mobil tersebut juga bisa di lacak melalui peta. Jika mobil yang menjemput Anda sudah dekat, aplikasi ini akan memberi notifikasi dan memberi tahu Anda untuk bersiap-siap di lokasi yang Anda tentukan sebelumnya. Dan jika memang terjadi sesuatu seperti sang supir kesulitan menemukan Anda, Anda tinggal menghubunginya melalui telepon atau SMS dengan menekan tombol Contact. Uber sebelumnya menjanjikan bahwa waktu tunggu untuk tiap pemesanan hanya akan berkisar antara tujuh sampai 10 menit. Tapi ketika memesan saja aplikasi ini mengatakan Anda harus menunggu selama 12 menit. Mobil yang di pesan pun baru benar-benar datang lebih dari 12 menit kemudian. Terakhir, ketika ditanya apakah sang supir kesulitan menemukan penumpang yang harus ia jemput, ia mengatakan untuk menunggu sang penumpang menghubungi terlebih dahulu, atau berinisiatif menghubungi penumpang dengan nomor sendiri. Ya, nomor yang di hubungi adalah nomor pribadi sang supir. Tapi di luar itu, informasi yang disajikan dalam proses ini sangat lengkap dan memungkinkan Anda melakukan estimasi sendiri dalam menunggu.
Uber Screens 2

Baca juga:  Klasik atau Modern? Panduan Memilih Jam Tangan Pria yang Tepat

3. Kenyamanan Perjalanan

Di dalam mobil, sang supir dilengkapi dengan sebuah iPhone dengan aplikasi Uber yang aktif dan memperlihatkan informasi pemesanan mobil Anda. Jika sebelumnya Anda sudah menentukan tujuan, pada aplikasi di iPhone sang supir akan tampak tujuan Anda, dan ia tinggal mencari tahu rutenya melalui peta (jika Anda memang tidak tahu atau enggan memberi tahu). Sayangnya, ketika di amati, aplikasi petanya sama sekali tidak memberikan arahan seperti halnya aplikasi navigasi pada Google Maps atau Waze. Tapi, terlepas dari itu, perjalanan menggunakan mobil ini sangat nyaman, baik dari segi interior dan kenyamanan mobil, cara mengemudi sang supir, dan juga pelayanan dari sang supir sendiri yang mau menjawab berbagai pertanyaan saya dengan sopan. Cukup memuaskan. Sebagai tambahan, Anda bisa bepergian ke mana saja tanpa menentukan tujuan akhir Anda sebelum berangkat dan/atau memesan. Anda akan diantar kemanapun. Selain itu, jika Anda ingin singgah di suatu tempat di tengah perjalanan, Anda akan dikenakan biaya tambaha sebesar Rp 500 per menit.
Uber Interior 2

4. Pasca – Perjalanan

Ketika sampai di lokasi tujuan dan turun dari mobil, Aplikasi Uber Anda akan menampilkan biaya yang Anda bayar (tentunya melalui kartu kredit Anda). Di layar yang sama, Anda juga diharuskan memberikan rating dan komentar mengenai supir yang mengantar dan melayani Anda. Di sisi lain, sang supir juga memberikan rating terhadap Anda sebagai penumpang. Jika Anda sering mendapat rating buruk, Uber bisa saja mem-blacklist Anda dari layanannya. Ini memang jarang terjadi, tapi tidak ada salahnya untuk menjadi pelanggan yang baik. Terakhir, Anda akan menerima email berisikan detil perjalanan serta detil biaya perjalanan Anda. Keduanya lengkap dengan detil jarak dan waktu perjalanan.
Uber Screens 3

Baca juga:  Alat Baru Untuk Aksi Selfie, Jauh Lebih Tinggi Dibanding Tongsis

Apakah Anda sebaiknya menggunakan Uber juga? Jika Anda sedang tergesa-gesa, mungkin Uber tidak bisa membantu Anda keluar dari kemacetan karena bagaimanapun Uber tetap satu mobil yang berada di tengah kemacetan. Tapi jika Anda ingin mendapatkan pengalaman perjalanan yang nyaman di kota Jakarta, kami rasa Anda akan suka menggunakan layanan dari Uber.

Aplikasi mobile Uber bisa Anda download secara gratis di Google Play, App Store, dan Windows Phone Store.

Previous article5 Hotel Murah Terbaik Di Bali
Next articleTetap Cantik Saat Travelling