Melihat Keindahan Pantai Trikora, Wisata Pulau Bintan

161

Buat kalian para pecinta alam, pasti tidak akan melewatkan keindahan pantai yang satu ini yang memiliki pemandangan yang sayang jika di lewatkan, pasir putih yang menyebar di tepi pantai, deburan ombak yang membuat tenang dan juga biru nya air laut yang tentunya menyejukkan mata yang melihat. Ya itulah Pantai Trikora yang terletak di pulau Sumatra, Indonesia.

Pantai Trikora, Pulau Bintan, SumateraPantai Trikora terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan. Jika Anda memulai perjalanan dari Tanjung Pinang maka harus bergerak ke arah timur sekitar 45 km. Pantai ini memiliki empat bagian, yakni Trikora 1, 2, 3 dan 4.

Menurut cerita masyarakat sekitar, nama Trikora berasal dari nama “three corral”, yang diberikan oleh wisatawan asing yang kala itu berkunjung ke pantai ini. Namun versi lain mengaitkan bahwa Trikora berhubungan dengan Tri Komando Rakyat. Dimana pada saat pemerintahan Presiden Soekarno, tengah hangat beredar isu tentang “Ganyang Malaysia”, dan pantai ini merupakan basis pertahanan wilayah terluar Indonesia pada masa itu.

Berkunjung ke sana, Anda harus mempersiapkan kendaraan sendiri. Pasalnya akses untuk menuju Pantai Trikora belum dilengkapi dengan transportasi umum. Sepanjang perjalanan menuju Trikora, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Seperti perkampungan nelayan yang berjejer rapi, kawasan konservasi lamun dan mangrove, serta resort-resort mewah yang siap menemani istirahat Anda. Tidak perlu takut dengan kondisi jalan, pasalnya jalan di sana beraspal bagus dan lebar.

Objek wisata

Selain pemandangannya yang indah, air yang bersih dan dangkal bisa menjadi sarana Anda dan keluarga untuk mandi dengan menggunakan pelampung. Anda juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan cara ber-snorkling, dan pastinya dengan alat yang sudah lengkap yang bisa Anda sewa di lokasi pantai. Di garis pantai yang memiliki panjang kurang lebih 25 Kilometer ini tumbuh pepohonan yang bisa menjadi tempat untuk berteduh menikmati ombak. Seperti pohon kelapa, pohon bakau, serta pohon lain yang dapat melindungi Anda dari sengatan sinar matahari. Apalagi batu-batunya yang besar semakin menambah keindahan pantai ini.

Baca juga:  Tips Membeli Kebutuhan Traveling Secara Online

Pasir Pantai TrikoraSelain menikmati keindahan pantai, Anda dan keluarga juga bisa melakukan kegiatan memancing di pantai ini. Biasanya pada akhir pekan, batu-batu besar di bibir pantai, menjadi tempat yang asyik untuk para pemancing. Bagi Anda yang hobi berpetualang, akan lebih seru untuk mencicipi wisata laut atau mengarungi perairan di sekitar pantai.

Keindahan ombak dan semilir angin juga semakin lengkap jika dinikmati di dalam pondok untuk beristirahat di sekitar pantai. Biasanya, Anda cukup mengeluarkan uang Rp. 30.000,- untuk dapat beristirahat di pondok tersebut. Beberapa hotel di sana juga menyediakan paket tur menelusuri pulau tak berpenghuni, menyelam dan permainan pantai seperti banana boat, kano, bermain layang-layang dan masih banyak lagi.

Usai menikmati keindahan dan wahana di sana, Anda juga bisa memanjakan lambung Anda dengan berbagai jenis kuliner yang menggoda selera makan. Seperti menu masakan laut yang dengan mudah dapat Anda temukan di sepanjang pantai. Selain itu juga terdapat makanan khas Sumatera, yakni Otak-otak yang terbuat dari ikan laut atau cumi-cumi. Perpaduan makanan dan keindahan pantai akan terasa tiada duanya.

Lokasi

Pantai Trikora terletak di Propinsi Kepulauan Riau. Tepatnya berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sumatera.

Akses

Perjalanan dapat ditempuh dari Tanjung Pinang sampai ke perbatasan Kabupaten Bintan. Jalan menuju ke sana sudah bagus dan lebar hingga dapat dilalui empat lajur mobil.

Meski minim angkutan umum, perjalanan ke Pantai Trikora dapat Anda lakukan dengan membawa kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan. Sebagai referensi, untuk biaya sewa mobil biasanya sekitar Rp. 400.000,- sudah termasuk jasa sopir.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas dan akomodasi di sekitar Pantai Trikora relatif lengkap, seperti hotel mewah hingga guesthouse dengan tarifnya terjangkau, mulai dari Rp. 250.000,-/malam. Di sana juga tersedia pondok-pondok tempat beristirahat yang bisa disewa seharian dengan biaya Rp. 30.000,-. Tersedia juga berbagai macam olahraga air seperti banana boat, kano, layang-layang dan sebagainya.

Baca juga:  Feast your eyes upon the beauty of Labuan Bajo's marina and let the vibrant colo...

Fasilitas lain seperti toilet dan tempat bilas badan juga tersedia. Cukup dengan Rp. 3000,- saja, Anda bisa membilas badan sepuasnya. Dalam hal kuliner pun, Anda tidak akan mengalami kesulitan. Berbagai jenis makanan berjejer di sepanjang pantai siap untuk disantap. Nah, sudah siapkah Anda berpetualang ke Pantai Trikora?

 

Sumber

Previous articlePhobia Terbang Bisa Dilawan dengan Hipnoterapi
Next articleRupiah Melemah, Maskapai Enggan Transaksi Pake Dolar