Kode-Kode Pilot Ini Terdengar Lucu, Tapi Artinya…

1076

Kode-kode penerbangan dibuat singkat jelas dan rahasia. Beberapa di antaranya terdengar aneh tapi justru punya arti yang gak ingin airporters dengar.

Penerbangan memiliki setidaknya 300 kode saat mengudara. Beberapa dibuat singkat dan berbeda karena memiliki arti bahaya. Sebagian kode memiliki arti darurat. Biasanya kode ini pendek dan jelas. Dibuat demikian supaya tidak terjadi kesalahan komunikasi antara awak kabin dan pilot.

“Kode digunakan oleh awak kapal untuk menjaga ketenangan dan ketertiban di kabin. Kami dilatih secara khusus dalam situasi darurat, dan kepanikan dapat menyebabkan kami kehilangan kendali atas situasi dan berakhir dalam cedera atau kematian.” kata pramugari, Amanda Pleva di Flyertalk.com, seperti yang dilansir dari thesun.co.uk dan news.com.au.

Pilot Patrick Smith, penulis Cockpit Confidential, membeberkan sejumlah kode rahasia dalam penerbangan.

1. Code Adam: Kode ini menandakan adanya anak yang hilang dalam penerbangan. Nama Adam diambil dari kasus anak hilang diculik tahun 1981, Adam Walsh.

2. 7500: Kode ini terdengar sederhana dan pendek. Artinya sangat menakutkan, bahwa pesawat dalam pembajakan atau memiliki ancaman dibajak.

3. Last minute paperwork: Jika mendengar kode ini, artinya pesawat akan mengalami delay.

4. Cropdusting: Kode ini memiliki arti kasar yang hanya akan terdengar jika salah satu penumpang bersikap menyusahkan. Awak kabin akan mengampiri dan memberi pelajaran.

5. Crosscheck: Ungkapan ini, biasanya dibuat oleh awak kabin senior, itu berarti bahwa slide darurat yang terpasang di setiap pintu telah dinonaktifkan.

6. All-call: Menurut buku yang ditulis Smith, ini merupakan panggilan tiap awak kabin untuk mempersiapkan penerbangan atau landing.

7. Ground stop: Saat keberangkatan ke satu atau beberapa tujuan dibatasi oleh kontrol lalu lintas udara, kode ini akan digunakan. Biasanya karena backlog lalu lintas penerbangan.

Baca juga:  Perhatikan 6 Hal Ini Jika Liburan ke Taman Nasional

8.Equipment: Arti kode ini adalah pesawat.

9. Flight deck: Pilot berbicara mewakili kokpit

10. Air pocket: Turbulensi

11. Doors to arrival: Panggilan ini ditujukan kepada awak kabin ketika pesawat hendak mendarat.

Previous articleGara-Gara Burung, Pesawat Tempur di Madiun Alami Kerusakan
Next articleNostalgia Bareng Musik 90-an di The 90’s Festival