Kemenhub: Kesiapan Halim Sudah 80%

49

JAKARTA – Bandara Soekarno Hatta semakin tak kuasa menahan beban traffic yang tinggi. Atas dasar itulah pemerintah memperdayakan Bandara Halim Perdanakusuma untuk dijadikan bandara komersial.

Rencananya Bandara Halim Perdanakusuma akan diresmikan sebagai bandara komersial pada pada 12 Januari 2014.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Herry Bakti, kesiapan Bandara Halim Perdanakusuma sudah mencapai 80 persen.

“Kita menilai secara umum untuk semua 60-80 persen. Kesiapan operasi bandara, airlines, dan penunjang. Umum 80 persen totalitas,” kata Herry di Kantornya, Jakarta, Jumat (3/1/2014).

Saat ini Kemenhub pun terus melakukan koordinasi dengan Angkasa Pura terkait pembenahan infrastruktur. “Kalau keamanan, bandara Halim kan itu pasti sudah ada,” tambahnya.

Namun mengenai lokasi Bandara Halim, yang berada di lingkungan Angkatan Udara (AU), masih menyisakan pertanyaan. Sebab wilayah itu masuk kategori wajib steril. “Memang di sebelah sini lain dan yang umum tidak ke sini,” imbuh dia.

Menurutnya, Bandara Halim Perdanakusuma  merupakan area publik terbuka. Di mana bandara sudah terbuka untuk publik penerbangan charter. Itu sudah ada schedule Merpati ke Lampung. Jadi bagi publik, ini bukan hal baru,” pungkasnya. (Arief Sinaga /Sindoradio/wdi)

Sumber: http://economy.okezone.com/read/2014/01/03/320/921191/kemenhub-kesiapan-halim-sudah-80

Baca juga:  Ini 9 Maskapai yang Akan Layani Penerbangan dari Halim
Previous articleKemenhub: Bandara Halim Tak Pecahkan Masalah Soekarno Hatta
Next articleKembangkan Bandara Ahmad Yani, AP I Kucurkan Rp1,5 T