Kemenhub: Bandara Halim Tak Pecahkan Masalah Soekarno Hatta

78

JAKARTA – Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Herry Bakti mengatakan bahwa pemindahan alih sebagian maskapai penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Halim Perdanakusuma hanya mampu mengurangi beban di Bandara Soekarno Hatta saja. Bukan ditujukan sebagai pemecah permasalahan yang ada di Soekarno Hatta.

Pasalnya, Bandara Soekarno Hatta ke depan hingga saat ini sudah mengalami over kapasitas. Mulai dari daya tampung penumpang, hingga jumlah penerbangan di Bandara Soekarno Hatta sudah mengalami kepenuhan. Oleh karena itu, pemerintah pada 12 Januari mendatang, akan meresmikan bahwa Bandara Halim Perdanakusuma akan menjadi bandara berstatus komersial.

“Ini mengurangi beban soetta bukan berarti memecahkan problem Soetta. Untuk itu kita harus punya program yang lebih besar lagi,” kata Herry di kantornya, Jakarta, Jumat (3/1/2014).

Herry menambahkan, untuk melancarkan aksi pemindahan sebagian maskapai ke Bandara Halim Perdanakusuma, dirinya mengaku akan terus membenahi infrastruktur untuk mengimbangi pertumbuhan dari bandara itu sendiri.

“Halim ini bukan pemecahan masalah. Karena share nya halim ini sedikit sekali tapi Alhamdulillah sudah mengurangi lah,” tambahnya.

Mengenai kesiapan pemindahan, Halim dipastikan sudah mengalami kesiapan kurang lebih 80 persen. Namun, dalam rencana pemindahan tersebut, Herry mengungkapkan bahwa program runway ketiga di Bandara Soekarno Hatta akan tetap dijalankan.

“Pengembangan Soetta itu harus dijalankan segera, persiapan airlines dan penunjangnya harus dibenahi kembali,” jelasnya.

Mengenai maskapai yang akan beralih operasi dari Soetta ke Halim Perdanakusuma sampai saat ini hanya tiga maskapai yang mengatakan kesiapan. “Garuda, AirAsia, Citilink. Kalau banyak-banyak tempatnya juga tidak ada, tiga itu pas lah mengurangi,” pungkasnya.(rez) (wdi)

Sumber: http://economy.okezone.com/read/2014/01/03/320/921212/kemenhub-bandara-halim-tak-pecahkan-masalah-soekarno-hatta

Baca juga:  Ini Tiga Bandara AP II yang Raih Sertifikat ISO 9001:2015
Previous articleSiap-Siap, Tarif Pesawat Terbang Segera Naik
Next articleKemenhub: Kesiapan Halim Sudah 80%