Ini Langkah Angkasa Pura II Wujudkan Komitmen Mengembangkan Bandara Digital di Indonesia

30
Terminal 3 Ultimate Soekarno-Hatta

Komitmen PT Angkasa Pura II (Persero) untuk terus mengembangkan bandara-bandara di Indonesia untuk bertranspormasi ke era digital terus dilakukan. Sebagai langkah konkrit, AP II pun terus berbenah untuk mewujudkan bandara digital Indonesia untuk mendukung pelayanan bagi para pengguna bandara.

“Indonesia adalah salah satu negara dengan infrastruktur teknologi informasi yang cukup baik dan hal itu harus dapat dimanfaatkan oleh pengelola bandara untuk dapat mengaplikasikan teknologi digital guna mendukung pelayanan dan menghadirkan nilai tambah di setiap bandara yang ada di negeri ini,” ujar President Director PT Angkasa Pura II (Persero) dalam siaran persnya, Jumat (19/05/17).

Saat ini AP II juga tengah mewudujkan visi the best smart connected airport operator in the region untuk membuat setiap bandara yang dikelolahnya beroperasi lebih efisien, menghilangkan potensi kehilangan pendapatan, dan menciptakan pendapatan dari lini baru. Konsep ini dapat memastikan pelayanan tetap terjaga di seluruh fasilitas terminal yang bertujuan untuk kepuasan maskapai dan penumpang pesawat.

Untuk itu, AP II akan memperkenalkan konsep layanan berbasis digital di bandara-bandara yang dikelola korporasinya kepada masyarakat umum dengan menyelenggarakan seminar dengan tajuk “Kebangkitan Bandara Digital Indonesia” pada Sabtu, 20 Mei 2017 di Auditorium 1, Kantor Pusat PT Angkasa Pura II (Persero).

Kesempatan ini bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang berbarengan pula akan diluncurkannya secara resmi aplikasi Indonesia Airports. Indonesia Airports ini diciptakan tidak lain untuk mendapatkan customer experience yang baik serta mempermudah dan membantu pelanggan di setiap passenger journey (pre, on, dan post journey).

Tidak hanya itu, AP II juga telah membangun aplikasi iPerform yang digunakan seluruh karyawan AP II sebagai basis pengoperasian bandara, sehingga banyak bisnis proses yang menjadi lebih mudah dan cepat. Selanjutnya dengan pemanfaatan teknologi digital, AP II berupaya menciptakan bisnis model baru yang nantinya akan menjadi portofolio bisnis korporasi, seperti ICT content, big data, dan bisnis baru lainnya.

“Aplikasi Indonesia Airports didesain khusus untuk membantu travellers agar dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya di bandara-bandara AP II. Di samping itu, Indonesia Airports juga hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat luas akan aplikasi di smartphone yang kini telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari,” tambah Awaluddin.

Aplikasi Indonesia Airports kini dapat diunduh di gadget berbasis iOS, setelah sebelumnya tersedia untuk gadget berbasis Android, di mana hal ini sejalan dengan upaya PT Angkasa Pura II (Persero) meningkatkan pengalaman perjalanan seluruh travellers di 13 bandara yang dikelola korporasi. Hingga kini aplikasi Indonesia Airports telah diunduh sebanyak lebih dari 15.000 pengguna Android dan 2.305 pengguna iOS.

“Seperti kita ketahui saat ini sistem operasi iOS dan Android adalah yang paling banyak digunakan di smartphone, sehingga AP II menghadirkan Indonesia Airports di kedua sistem operasi tersebut. Hadirnya aplikasi Indonesia Airports dan iPerform ini juga menandakan bahwa AP II fokus pada pengembangan infrastruktur digital demi peningkatan pelayanan, di samping tentunya juga tetap memperhatikan pengembangan secara fisik di bandara-bandara di bawah korporasi,” tutup Muhammad Awaluddin.

Previous articlePerlengkapan Olahraga dan Sport Tourism Ada di Indonesia Sport Expo & Forum 2017
Next articleBus Tingkat Warna Warni Akan Ramaikan Pariwisata Ibukota Jakarta