Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Bandara Soetta) resmi beroperasi Minggu, 17 September 2017. Meski telah beroperasi, Skytrain belum beroperasi penuh. Pada tahap awal, Skytrain akan melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 3 ke Terminal 2 dan sebaliknya. Adapun waktunya ialah pada pukul 07.00 – 09.00 WIB, lalu 12.00 – 14.00 WIB, serta 17.00 – 19.00 WIB.

Jarak jeda atau headway bagi penumpang ketika menunggu kereta ini hanya 5 menit. Nantinya, skytrain akan beroperasi 24 jam dalam satu hari. Penumpang pesawat dapat mengetahui jadwal keberangkatan dan kedatangan Skytrain melalui aplikasi Indonesia Airports di smartphone  iOS dan android.

Adapun lintasan yang dilalui pada tahap awal ini sepanjang 1.700 m dan kapasitas satu set Skytrain yang terdiri dari dua kereta ini adalah 176 penumpang dengan kecepatan 60km/ jam, skytrain bisa membawa penumpang dalam 3 menit dari Terminal 3 ke Terminal 2.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan dalam tahap awal Skytrain beroperasi untuk melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 3 ke Terminal 2.

“Kami berharap keberadaannya dapat menjadi semacam inisiator perkembangan moda transpotasi di Indonesia demi kemudahan perpindahan masyarakat dari satu tempat ke tempat lainnya. Pengoperasian Skytrain ini juga merupakan salah satu persiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam menyambut pelaksanaan Asian Games  2018,” katanya.

Nantinya skytrain direncanakan untuk beroperasi selama 24 jam dalam satu hari. Selain itu jadwal keberangkatan dari skytrain juga dapat diketahui melalui aplikasi Indonesia Airport pada smartphone.

Targetnya, pada pertengahan Desember 2017 nanti, tahap selanjutnya dari skytrain ini sudah mampu beroperasi. Untuk tahap selanjutnya, skytrain akan menghubungkan Terminal 2 dengan Terminal 1, serta Integrated Building.