Etika Makan yang Unik dari Seluruh Dunia

297

Jika Anda adalah tipe orang yang senang melancong dan mencicipi makanan di berbagai negara, ada baiknya mempelajari terlebih dahulu etika atau aturan makan di negara tersebut. Yuk disimak:

1. KOREA: TUNGGU GILIRAN ANDA


Di Korea, anda tidak boleh makan sebelum orang yang tertua yang berada satu meja dengan anda memulai makannya. Dan apabila orang yang tertua tersebut menawari anda minum, terimalah dengan dua tangan anda.

2. JEPANG: JANGAN MENYUAP MAKANAN KE ORANG LAIN DENGAN SUMPIT


Di Jepang, sumpit biasanya digunakan untuk mengoper tulang pada acara-acara pemakaman. Untuk alasan tersebut, maka jangan pernah mengoper makanan anda dengan sumpit ke orang lain.

3. TIONGKOK: JANGAN ARAHKAN SUMPIT ANDA KE MUKA ORANG LAIN


Di Tiongkok, selain meletakan sumpit dalam posisi vertikal adalah salah, mengarahkan sumpit anda ke muka orang lain pun akan dianggap sangat tidak sopan.

4. THAILAND: JANGAN MAKAN DENGAN GARPU

 


Etika makan di Thailand melarang penggunaan garpu, bahkan hanya untuk meletakkan makanan di atas sendok.

5. INGGRIS: JANGAN MAINKAN SENDOK ANDA DI DALAM MULUT


Di Inggris, cara memakan sup haruslah dengan cara meletakkan ujung sendok di ujung bibir anda, dan lalu diminum sedikit demi sedikit.

6. NEGARA-NEGARA ARAB: MAKAN DENGAN TANGAN KANAN


Saat anda mengunjungi negara-negara Arab, anda harus sangat hati-hati menggunakan tangan saat makan. Makan dengan tangan kiri amat sangat dilarang karena biasanya tangan kiri digunakan untuk aktivitas di toilet, yang berarti kotor.

7. CHILI: JANGAN MAKAN DENGAN TANGAN


Warga Chili tidak pernah makan dengan tangan saja, bahkan hanya untuk memakan kentang goreng, mereka pasti menggunakan sendok ataupun garpu.

8. ITALIA: TERIMA TAWARAN YANG KEDUA

Baca juga:  Inilah 10 pesawat teraneh dan memiliki sejarah terunik di dunia


talian memang terkenal atas kecintaan mereka kepada makanan, oleh karena itu, jika anda ditawari makanan, maka tolaklah. Namun jika anda ditawari lagi untuk kedua kalinya, maka anda harus menerimanya. Hanya saja, jangan pernah meminta tambahan keju saja, anda jelas akan menyakiti perasaan si pemilik rumah.

9. PERANCIS: JANGAN MAKAN SIANG TERBURU-BURU


Bagi warga Perancis, makan siang adalah hal yang paling penting. Oleh karena itu, terburu-buru bukanlah hal yang baik, baik tergolong tidak sopan. Nikmatilah makan siang anda dengan santai.

10. INDIA: BERSENDAWA SETELAH MAKAN


Pastikan anda bersendawa usai makan saat berada di India dan Tiongkok untuk menunjukkan kepada pemilik rumah bahwa ia telah berhasil membuat anda kenyak. Bahkan, jika anda adalah tamu dari orang Inult, kentut setelah makan mengindikasikan penghargaan anda kepada makanan yang dihidangkan pemilik rumah.

Itulah beberapa keunikan aturan pada saat makanan di berbagai negara.

Sumber

Previous articleMengatur Gaji Bulanan
Next articleAneka Makanan Pinggiran dari Seluruh Dunia