MENCARI makanan yang murah, pinggir jalan tempatnya. Beragam kuliner pinggir jalan disuguhkan di seluruh dunia, beberapa di antaranya menjadi yang terbaik.

Mengunjungi suatu negara kurang afdol bila tak menyambangi makanan pinggir jalan atau warung kaki lima. Soal aroma dan citarasa tak kalah dengan makanan yang disajikan di restoran ternama.

Berikut beberapa tempat makan kaki lima di penjuru dunia dengan suguhan yang wajib Anda cicipi:

1. VADA PAV, INDIA


Terkenal dengan nama burgernya “orang miskin”, vada pay adalah sebuah gorengan berbentuk bola dengan isi kentang tumbuk yang dicampur dengan tepung. Bola-bola kentang ini disajikan bersama roti dan biasanya dengan mint, ketumbar dan chutney asam

2. JERK CHICKEN, JAMAIKA


Jerk Chicken adalah makanan khas dari Jamaika. Meskipun resep aslinya sangat dirahasiakan, jerk chicken biasanya dibuat dengan cara diasap atau dipanggang, setelah satu hari penuh direndam ke dalam bumbu-bumbu rahasia.

3. SATE BABI, THAILAND


Sate Babi adalah jenis jajanan pinggiran yang paling mudah ditemui saat anda sedang berada di Thailand. Direndam dalam bumbu manis dan pedas yang merupakan campuran dari daun sereh, daun bawang, bawang putih, cabai merah dan saus ikan, daging baby ini diolesi dengan santan saat dibakar.

4. CURRYWURST, JERMAN


Currywurst sangat cocok dinikmati bersama segelas bir. Dibuat dari sosis babi bersama saus tomat dan ditaburi dengan bumbu kari, makanan ini biasanya disajikan bersama kentang goreng.

5. QUESADILLA, MEKSIKO

Quesadilla dibuat dari tepung tortila yang diisi dengan aneka isian. Bisa dengan kentang, sosis, jamur, kacang-kacangan dan lain-lainnya.

6. BANH MI, VIETNAM


Bahan kunci dari banh mi adalah roti baguette yang baru saja dipanggang. Biasanya isian dari banh mi adalah ketumbar, wortel dan daging babi atau ayam.

7. BUREK, BOSNIA DAN HERZEGOVINA


Burek adalah salah satu jenis kue gulung yang berisi daging, keju, dengan taburan wijen di atasnya.

8. CHILLI CRAB, SINGAPURA


Masuk dalam daftar 50 Makanan Terlezat di Dunia oleh CNN Go, kepiting khas Singapura ini disajikan dalam bentuk utuh yang kemudian digoreng dengan saus tomat, telur dan bubuk cabai.

9. HALO-HALO, FILIPINA


Es campur warna-warni ini adalah salah satu menu wajib yang bisa menghilangkan dahaga anda saat berada di Filiphina. Kacang merah, kelapa, sirup dan aneka buah-buahan biasanya terdapat dalam es campur cantik ini.

10. GIMBAP, KOREA SELATAN


Sering disebut sebagai sushinya orang Korea, Gimbab biasanya berisi daging kepiting, telur, daging dan wortel yang digulung bersama nasi dan rumput laut yang disebut Gim.

Sumber