Breaking News
DI merupakan ikon industri kedirgantaraan Indonesia

PT Dirgantara Indonesia Dinilai Mampu Produksi Helikopter Sendiri

Saat ini, PT Dirgantara Indonesia (PTDI) telah menyediakan pelatihan dan jasa pemeliharaan untuk mesin-mesin pesawat. Selain itu, PTDI juga telah mendesain dan merakit pesawat pesanan beberapa negara di dunia. Dengan begitu, PTDI dinilai telah mampu memproduksi helikopter sendiri untuk mewujudkan kemandirian pertahanan nasional.

“Bukan suatu hal yang tidak mungkin, dengan dukungan penuh pemerintah terhadap industri pertahanan, PTDI siap memproduksi helikopter sendiri,” jelas Deputi Bidang usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, seperti dilansir dari Antaranews, belum lama ini.

Lebih lanjut, Harry menjelaskan bahwa PTDI juga telah mendesain pesawat jenis CN 235 dan CN 295 bekerjasama dengan Airbus. Saat ini, PTDI tengah merancang jenis pesawat baru yaitu, CN 245. Namun PTDI kini belum mendesain jenis pesawat seperti helikopter. Harry menjelaskan bahwa telah banyak helikopter terbang perdana dari pabrik PTDI di Bandung.

“Helikopter-helikopter itu tidak desain PT DI, tapi kita hanya manufacturing atau merakit kemudian menerbangkan,” paparnya.

Harry juga memastikan bahwa PTDI telah bekerjasama dengan beberapa produsen helikopter untuk merakitnya di Bandung. Dengan begitu, tambahnya, beberapa pasar di ASEAN bisa menjadi lahan PTDI mengingat akan lebih efisien. Soal kualitas produk helikopter, PTDI diklaim sama dengan rakita pabrik masing-masing.  [Tiara]

Tentang Tiara Hartu

Lihat juga

Sebuah Pesawat di Sudan Tabrak Truk Pemadam Kebakaran

Sebanyak 14 orang terluka saat pesawat South Supreme Airlines mengalami crash landing dan menabrak sebuah truk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *