Warning: DOMDocument::loadXML(): Start tag expected, '<' not found in Entity, line: 1 in /home/airportid/public_html/wp-content/plugins/premium-seo-pack/modules/title_meta_format/init.social.php on line 462
Breaking News
Kedirgantaraan Mampu Mendesain dan Memanufacturing Pesawat

Ini, Alasan RI Mampu Kembangkan Industri Kedirgantaraan

PT Dirgantara Indonesia (Persero) menjadi salah satu icon industri kedirgantaraan Indonesia. Bahkan di ASEAN, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memiliki‎ industri kedirgantaraan. PT Dirgantara Indonesia (PTDI) adalah salah satu perusahaan kedirgantaraan pribumi di Asia dengan kompetensi inti dalam desain pesawat dan pengembangan, manufaktur struktur pesawat, perakitan pesawat, dan jasa pesawat untuk sipil dan militer cahaya dan pesawat menengah.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Fajar Hary Sampurno menjelaskan sebuah negara bisa disebut memiliki industri kedirgantaraan jika negara tersebut mampu mendesain, membangun dan merangkai (manufacturing) pesawat sendiri dan kemudian memasarkannya baik di dalam negara maupun ekspor.

“‎Jadi barang-barang itu harus dimanufaktur di Indonesia. Bukan cuma cat, bukan di lap-lap saja,” tegas Harry di Jakarta, seperti dilansir dari www.liputan6.com, Selasa (14/3/2017).

Sampai saat ini, tambah Harry, ada beberapa produk pesawat yang murni buatan Indonesia adalah pesawat CN235 dan CN245. Namun memang, dalam produksinya PT DI menggandeng Airbus untuk mendapatlan lisensi. PT DI juga memproduksi helikopter namun sampai saat ini PT DI hanya sebagai‎ under license.

Dengan demikian desain dan di Bandung hanya delivery centre. Harry menegaskan, sampai saat ini tidak ada industri pesawat terbang yang memproduksi semua komponen dalam satu perusahaan. Perusahaan sekelas Airbuss pun tidak bisa memproduksi mesin mesawat sendiri. Bahkan untuk pesawat jenis A-380 dan A-330, sayapnya dibuat oleh PT DI.

“‎Jadi semua pabrik pesawat terbang di dunia ya beli komponen-komponennya. Makanya di Perancis (Airbus) kalau bilang itu final assambly,” tutup Harry.

Tentang Tiara Hartu

Lihat juga

Citilink Lakukan Ramp Check Jelang Lebaran

Jajaran direksi dan manajemen maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia melakukan kegiatan “ramp check” menjelang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *