Di Melbourne? Berikut 7 Tempat Wisata Asyik dan Gratis

121

Anda sedang berkunjung ke Melbourne? Anda baru pertama kali mengunjungi Melbourne? Bingung mau ke tempat bagus, indah dan murah mana saja? Tenang, Anda berada di tempat yang benar karena Anda akan ditunjukan tempat-tempat di Melbourne yang gratis!

Melbourne adalah kota yang kaya akan budaya dan juga merupakan kota yang senang berbagi. Hampir kebanyakan tempat yang bertujuan untuk mengedukasi diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat dan juga kepada para turis dengan gratis.

Tempat ini tidak hanya menyangkut museum saja, tetapi juga taman, perpustakaan, tram, dan banyak tempat lainnya.

Berikut adalah 7 tempat gratis yang dapat Anda kunjungi.

1. Taman Botanic Melbourne

Taman Botanik adalah salah satu dari dua taman botanik di Melbourne, yang satunya lagi berada di Cranbourne. Luas Taman Botanic Melbourne adalah 38 hektar, di dalam taman ini terdapat lebih dari 10.000 spesies tanaman. Taman ini sangatlah indah dengan kombinasi lahan dengan perpohonan dan juga danau yang berisi angsa, bebek, dan burung air lainnya.

Fasilitas yang disediakan meliputi kamar kecil, dua garden shop, cafe, dan juga area piknik. Ini adalah tempat yang sangat ideal bagi Anda yang menyukai suasana tenang dan indah, dan merupakan tempat yang paling cocok untuk Anda menikmati buku baru Anda.

Untuk mengunjungi taman botanik ini Anda bisa mengambil trem yang mengarah turun ke arah Flinders Street atau jika Anda sudah berada di Flinders maka Anda bisa jalan kaki.

Jika Anda merasa tersesat, janganlah khawatir dan bertanyalah karena orang-orang Melbourne sangatlah ramah. Taman botanik tidak akan meminta biaya apa pun, dan Anda disarankan untuk memakai pakaian yang sesuai karena di musim dingin angin bisa sangat kuat.

Taman Botanic Melbourne

Baca juga:  Bukan Sarang Teroris, Bukit (Ng)ISIS Ini Tawarkan Panorama Indah

2. Trem City-Circle

Tidak ada cara yang lebih baik lagi untuk melihat dan mengenal kota Melbourne daripada menggunakan trem City-Circle. Sesuai dengan namanya, trem ini akan membawa Anda mengelilingi bagian sentral hingga daerah Docklands sambil memberikan penjelasan mengenai tempat-tempat historis yang akan dilaluinya.

Anda bisa naik tram ini dari halte-halte manapun yang memiliki tulisan “City Circle”, waktu menunggu antara satu trem ke trem selanjutnya sekitar 12 menit.

Trem City Circle juga berbeda dari tram lainnnya sehingga Anda pasti bisa membedakannya. Trem ini tidak dirombak dari bentuk aslinya sejak tahun 1923, warnanya merah marun dengan tulisan city-circle. Interior dalam trem juga tidak memiliki banyak perubahan selain dipasang AC dan juga speaker.

Tempat duduknya pun masih seperti dahulu kala dengan kursi kayu dan pegangan tangan yang terbuat kulit. Hal baik lainnya mengenai trem ini adalah Anda tidak perlu membayar apa pun ketika naik alat transportasi ini.

3. Gallery-Hopping

Kota pecinta seni seperti Melbourne tentunya memiliki beberapa galeri, di antaranya adalah National Gallery of Victoria (NGV), Australian Centre of Moving Image (ACMI), dan Australian Centre for Contemporary Art. Mayoritas dari galeri-galeri ini tidak akan meminta biaya, namun ada kalanya mereka akan menaruh harga untuk beberapa exhibition yang menggunakan tempat tersebut.

Ini merupakan tempat yang ideal bagi Anda yang menyukai sejarah, seni, dan pengetahuan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati arsitektur dari bangunan-bangunan ini karena sejauh ini tidak ada satupun galeri di Melbourne yang memiliki bentuk yang biasa-biasa saja.

Begitu juga dengan desain interior dari bangunan ini, begitu memikat dan indah. Sangat disarankan untuk membawa kamera karena museum-museum di sini biasanya mempersilakan para pengunjung untuk memfoto koleksi-koleksi mereka.

Baca juga:  Festival Adventure Indonesia 2015 di Alor - NTT

4. Queen Victoria Market

Merupakan salah satu landmark di kota Melbourne. Mau melihat seperti apa pasar di Melbourne? Berkunjunglah ke Queen Victoria Market ini yang lebih dikenal dengan Vic Market. Vic Market buka 5 hari seminggu, kecuali hari Senin dan Rabu.

Ada banyak yang dijual di Vic Market, ada Deli Hall yang menjual makanan dan juga bahan-bahan yang terbuat dari susu, Meat Hall yang menjual beragam daging, Fruit & Vegs, Organics, General Merchendise, dan masih banyak lainnya. Anda bisa menemukan bahan-bahan hingga parfum di sini.

Victoria Market juga sering mengadakan acara. Jadi tidak ada salahnya mengecek website mereka untuk mengetahui acara mendatang. Alamat Queen Victoria Market adalah Corner Victoria dan Elizabeth Street, Melbourne. Victoria 3000.

5. Collins Street

Mau melihat bangunan-bangunan tua, tetapi juga mau shopping, tapi tidak ada waktu yang cukup. Tidak ada yang bilang Anda tidak bisa melakukan keduanya bersamaan.

Anda bisa melihat dan berbelanja di Collins Street yang terkenal. Collins Street dipisahkan menjadi dua oleh Swanston Street, New Yorks End dan Paris End. Bagian New York adalah bagian yang lebih modern, Anda bisa menemukan gedung-gedung tinggi, kafe dan pubs, serta perkantoran.

Sedangkan Paris End adalah bagian yang bisa dibilang lebih kuno, karena bangunan-bangunan yang digunakan oleh boutique-boutique di sini semuanya adalah bangunan tua Melbourne. Bagian Paris juga merupakan bagian yang lebih mahal, bisa dilihat dengan boutique-boutique bermerek yang ada di sepanjang Paris Ends.
Callista Oktavia Lembing Flinders Station di Melbourne.

6. Flinders Station

Flinders Station juga merupakan salah satu ikon dari Kota Melbourne. Bangunan ini sudah berumur 105 tahun, sehingga menjadikan stasiun ini sebagai stasiun tertua di Melbourne.

Baca juga:  Ini, 5 Negara Bakal Direct Flight ke Indonesia

Tempat ini juga sangat terkenal bagi para Melbournian sebagai tempat pertemuan. Jika anda mendapat pesan dari teman Anda untuk ‘Meet Me under the Clock’ maka teman Anda mengajak untuk bertemu di bawah jam di Stasiun Flinders.

Anda bisa ke mana saja dari Flinders Station, hampir seluruh kereta berhenti di stasiun ini. Jadi jika Anda bertujuan untuk pergi ke suatu tempat, jangan bingung jika Anda diminta ke Flinders terlebih dahulu. Juga karena stasiun ini sangatlah ikonik, foto Anda pasti langsung dikenali oleh siapa pun yang pernah berkunjung ke Melbourne. Tips untuk mengambil foto yang baik adalah di sudut antara Flinders dan Swanston depan Katedral. Hampir setiap foto yang diambil di sana mendapatkan sudut yang sangat bagus!

7. Victoria State Library

Senang buku? Maka Anda tidak boleh melewatkan tempat yang satu ini, Victoria State Library. Sama seperti Flinders Station, perpustakaan ini juga merupakan salah satu tempat ikonik di Melbourne.

Gedung ini berdiri di tahun 1850-an, kira-kira berumur 160 tahunan. Tempat ini memiliki koleksi buku yang luar biasa, kira-kira sebanyak 2 juta buku dan juga memiliki interior desain yang sangat indah.

Perpustakaan ini memiliki enam ruangan membaca atau disebut juga dengan “Reading Rooms”. Salah satu yang terkenal adalah “The Dome”.

Sesuai namanya, tempat ini memang menyerupai kubah (dome) dengan langit-langit yang tinggi dan bentuk ruangan yang bulat. Ruangan ini dapat memuat kira-kira 500 orang.

Namun sejak tahun 1965 ruangan ini disebut dengan panggilan ‘La Trobe Reading Room’. Mampirlah dan puaskan diri Anda mereguk pengetahuan karena perpustakaan ini memang diperuntukkan bagi publik jadi tidak memungut biaya sama sekali.

Sumber

Previous articleCalo di Bandara Juanda Ditertibkan
Next articleBanyak Penumpang Kecewa Karena Loket Tiket Ditiadakan