Apa yang terbayang di benak anda jika harus berlibur ke Pulau Sumatera? Danau-danau cantik, tentu saja. Jika Danau Toba, Danau Singkarak, Danau Laut Tawar sudah tidak asing di telinga anda, maka Danau Ranau ini wajib masuk dalam list destinasi wajib saat berkunjung ke Lampung. Mengapa? Yuk kita cari tahu.

Danau Ranau ini namanya mungkin belum terlalu terkenal dibanding danau-danau lain di Sumatera. Tapi tau gak travelers, kalau danau ini adalah danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Keindahannya pun tidak hanya di danaunya semata, namun atmosfir disekelilingnya pun akan memikat hati anda.

Mirip seperti Danau Toba, Danau Ranau yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat di Provinsi Lampung dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan ini memiliki cuaca cukup dingin. Anda bisa memulai perjalanan dari Desa Lumbok, Kabupaten Lampung Barat.

Setibanya disana, pesona Danau Ranau langsung ‘membius’ wisatawan. Danau yang terbentuk karena, gempa dan letusan vulkanik dari gunung berapi ini, mempunyai sajian air danau yang biru, luas dan tenang. Dengan dibingkai pemandangan Gunung Seminung sebagai latar, menjadikan Danau Ranau ini sempurna.

Berjalan menyisir tepian danaunya sambil mengabadikannya dalam bidikan kamera adalah salah satu kegiatan asyik yang bisa dilakukan di sini. Dermaga dan perahu-perahu yang berlabuh di tepiannya membuat lengkap panorama dalam foto yang anda ambil.

Oh ya, perahunya bisa anda naiki. mengelilingi setiap sudut danau ini cukup dikenakan biaya Rp 100-200 ribu. Travelers pun dapat mengunjungi Pulau Marisa yang berada di tengah pulau atau menuju ke Gunung Seminung. Serunya, ada pemandian air panas disana!

Ingin menikmati keindahan danaunya lebih lama, ada beberapa resort dan homestay yang bisa anda sewa disana. Ada Seminung Lumbok Resort yang terletak persis di pinggir danau. Anda bisa puas memandangi keindahan danau setiap saat, cukup dengan merogoh kocek sekira Rp 200-400 ribu.

Sementara untuk homestay lebih murah, cukup dengan Rp 60 ribu-tergantung tawar-menawar-anda sudah bisa menikmati keindahan danau sekaligus mengenal lebih dekat budaya dan adat masyarakat sekitar yang tak kalah menarik.

Jadi siapkan jaket dan kamera anda karena banyak sekali spot cantik yang bisa anda tangkap disini!